✔ Panduan Supervisi Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Sd)

Panduan Supervisi Pembelajaran di SD  ✔ Panduan Supervisi Pembelajaran di SD (SD)
Panduan Supervisi Pembelajaran di SD (SD)
Info GTK - Gurumaju.com –  Panduan Supervisi Pembelajaran di SD (SD)Keberhasilan sebuah jadwal apabila pelaksanaannya dilakukan secara sungguh-sungguh, berkesinambungan, pengawasan, pendampingan serta evaluasi. Dari titik inilah dibutuhkan layanan supervisi dalam kelangsungan pendidikan terutama dalam proses pembelajaran. Supervisi merupakan suatu layanan dari atasan kepada bawahan dengan memperlihatkan pengarahan guna membuatkan kinerja menjadi lebih baik.

Pengertian Supervisi Pembelajaran di SD

Bila dikaji dari sisi etimologis istilah “supervisi” atau dalam bahasa Inggris “supervision” sering didefinisikan dengan pengawas dan kepalaaan. Sedangkan secara morfologis supervisi terdiri dari dua kata yaitu “super” yang berarti atas atau lebih dan “visi” memiliki lihat, pandang , tilik atau awasi. Dengan demikian supervisi dalam pengertian yang sederhana yaiu melihat, meninjau atau melihat dari atas yang dilakukan oleh atasan (pengawas dan kepala,kepala sekolah) terhadap perwujudan acara pembelajaran.

Supervisi diartikan sebagai layanan yang bersifat membimbing, memfasilitasi, memotivasi serta menilai guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan profesinya secara efektif. Supervisi pembelajaran ialah serangkaian acara membantu guru membuatkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al; 2007). Supervisi pembelajaran tidak terlepas dari penilaian kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Esensi supervisi pembelajaran sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran,melainkan membantu

Prinsip-prinsip Panduan Supervisi Pembelajaran di SD

Berikut ialah beberapa prinsip yang harus diperhatikan dan direalisasikan oleh pengawas dan kepala sekolah dan kepala sekolah dalam melakukan supervisi pembelajaran.

Prinsip-prinsip supervisi pembelajaran yaitu:
  1. Praktis, artinya gampang dikerjakan sesuai kondisi sekolah;
  2. Sistematis, artinya dikembangkan sesuai perencanaan jadwal supervisi yang matang
  3. Objektif, artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen;
  4. Realistis, artinya menurut kenyataan sebenarnya;
  5. Antisipatif, artinya bisa menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi;
  6. Konstruktif, artinya membuatkan kreativitas dan penemuan guru dalam membuatkan proses pembelajaran;

Selengkapnya dalam Melakukan Supervisi Pembelajaran di SD silahkan Download Panduannya melalui tautan dibawah ini.



Demikian isu mengenai artikel yang berjudul Panduan Supervisi Pembelajaran di SD (SD). Terima kasih, agar sanggup bermanfaat untuk semua.

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Panduan Supervisi Pembelajaran di SD (SD)ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memperlihatkan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan bahagia hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami agar bermanfaat, Salam Sukses Pendidikan…

Belum ada Komentar untuk "✔ Panduan Supervisi Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Sd)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel