✔ Soal Dan Pembahasan Osn Sd Tingkat Provinsi Tahun 2020 Bidang Matematika

Seperti apa soal OSN tingkat provinsi bidang study matematika pada tahun 2020 ini, mari kita coba diskusikan. Setidaknya ini akan menjadi catatan atau sebagai materi persiapan menghadapi OSP tahun 2020. Sebelumnya kita sudah pernah diskusikan soal OSP Matematika SD tahun 2020 yang masih sangat cocok juga dijadikan materi latihan๐
(1). Pada final tahun 2020, sebanyak $\dfrac{5}{8}$ dari jumlah guru di suatu SD yaitu wanita. Pada permulaan tahun 2020, sekolah tersebut mendapatkan $4$ orang laki-laki guru sehingga banyaknya laki-laki guru seluruhnya menjadi $16$ orang. Banyaknya perempuan guru yang mengajar di SD tersebut pada kahir tahun 2020 adalah...
Kita misalkan banyak guru final tahun 2020 sebagai berikut;
- Banyak guru laki-laki yaitu $x$
- Banyak guru perempuan yaitu $y$
- Banyak guru yaitu $z$
$y=\dfrac{5}{8}z$ sehingga $x=\dfrac{3}{8}z$
Pada permulaan tahun 2020, diterima $4$ orang laki-laki guru sehingga banyaknya laki-laki guru seluruhnya menjadi $16$ orang.
$\begin{array}{c|c|cc}
16 = \dfrac{3}{8}z +4 & y = \dfrac{5}{8}z \\
12 = \dfrac{3}{8}z & y = \dfrac{5}{8} \cdot 32 \\
z = 12 \cdot \dfrac{8}{3} & y = 20 \\
z = 32 & \\
\end{array} $
$ \therefore $ Banyaknya perempuan guru yang mengajar yaitu $20$
(2). Enampuluh persen penerima didik di suatu sekolah yaitu laki-laki. sebanyak $20\%$ laki-laki dan $20\%$ perempuan tidak menggunakan seragam batik. Jika diketahui ada $320$ penerima didik menggunakan seragam batik, maka seluruh penerima didik yang ada di sekolah adalah...
Kita misalkan banyak penerima didik sebagai berikut;
- Banyak penerima didik laki-laki yaitu $x$
- Banyak penerima didik perempuan yaitu $y$
- Banyak penerima didik yaitu $z$
$x=60\% z$ dan sehingga $y=40\% z$
Dari keseluruhan penerima didik $310$ penerima didik menggunakan seragam batik dan yang tidak menggunakan batik yaitu $20\%$ laki-laki dan $20\%$ perempuan
$\begin{align}
z-320 & = 20\% \times 60\% z + 20\% \times 40\% z \\
z-320 & = 12\% \times z + 8 \% \times z \\
z-320 & = 20 \% \times z \\
z-20 \% \times z & = 320 \\
80 \% \times z & = 320 \\
z & = 320 \times \dfrac{100}{80} =400
\end{align}$
(*catatan pada soal orisinil $310$ penerima didik menggunakan seragam batik, tetapi alasannya yaitu akhirnya tidak lingkaran kita ganti jadi $320$)
$ \therefore $ Peserta didik yang ada di sekolah yaitu $400$
(3). Ibu Vira mempunyai $40$ permen rasa Mangga, $30$ permen rasa Melon dan $50$ permen rasa Jeruk. Apabila permen-permen tersebut akan dibagikan kepada sebanyak mungkin murid-muridnya dengan masing-masing anak mendapatkan bab yang sama banyak, maka banyak permen rasa melon yang diberikan kepada setiap murid-muridnya adalah...
Untuk menuntaskan soal di atas salah satu alternatifnya yaitu dengan menggunakan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari $30,\ 40,\ 50$ yaitu
- $30= 2 \times 3 \times 5$
- $40= 2^{3} \times 5$
- $50= 2 \times 5^{2}$
- FPB $(30,\ 40,\ 50)=10$
$ \therefore $ Banyak permen rasa melon yaitu $3$
(4). Jika diberikan pola bilangan pada tabel berikut:
maka $c \times a$ adalah...
Jika kita perhatikan tabel pada soal, pola bilangan pada tiap kolom mengikuti irama bilangan barisan aritmatika, sedikit catatan wacana barisan aritmatika yaitu suku ke-$n$ yaitu $U_{n}=U_{1}+(n-1)b$.
- Kolom 2: $2,\ 6,\ 10, \cdots, 54$ sehingga $U_{1}=2,\ b=4$ dan $U_{n}=54$.
$54=2+(n-1)4\ \Rightarrow n=14$ - Kolom 1: $1,\ 3,\ 5, \cdots, a$ sehingga $U_{1}=1,\ b=2$ dan $U_{14}=a$.
$a=1+(14-1)2\ \Rightarrow a=27$ - Kolom 3: $3,\ 9,\ 15, \cdots, c$ sehingga $U_{1}=3,\ b=6$ dan $U_{14}=c$.
$c=3+(14-1)6\ \Rightarrow c=81$ - Nilai $a \times c=27 \times 81=2187$
$ \therefore $ Nilai $a \times c$ yaitu $2187$
(5). Hasil operasi gabungan bilangan berikut
$\left( \dfrac{1}{2}-\dfrac{1}{3} \right) \times 60\% + 0,5 \times 1,1$
dalam bentuk desimal adalah...
$\begin{align}
& \left( \dfrac{1}{2}-\dfrac{1}{3} \right) \times 60\% + 0,5 \times 1,1 \\
& = \left( \dfrac{3-2}{6} \right) \times 60\% + 0,55 \\
& = \dfrac{1}{6} \times 60\% + 0,55 \\
& = 10\% + 0,55 \\
& = 0,1 + 0,55 \\
& = 0,65
\end{align}$
$ \therefore $ Hasil operasi gabungan yaitu $0,65$
(6). Diketahui segitiga $PQR$ sama kaki, dengan $PQ=PR$. maka nilai $x$ adalah...
Dengan memanfaatkan sudut pelurus yang besarnya $180^{\circ}$, beberapa sudut pada segitiga sudah sanggup kita tentukan;

$ \therefore $ Nilai $x$ yaitu $110^{\circ}$
(7). Dua bilangan jumlahnya $30$ dan selisihnya $25$, hasil kali kedua bilangan itu adalah...
Kita misalkan kedua bilangan yaitu $x$ dan $y$, sehingga kita peroleh;
$\begin{array}{c|c|cc}
x+y = 30 & \\
x-y = 25 & (+)\\
\hline
2x = 55 & \\
x = 27,5 & \\
y = 2,5 & \\
\end{array} $
Hasil kali kedua bilangan yaitu $xy=27,5 \times 2,5 =68,75$
$ \therefore $ Hasil kali kedua bilangan yaitu $68,75$
(8). Butet mempunyai selembar kertas berbentuk persegi. Dia melipat serta menggunting kertas sebagai berikut:
maka gambar berdiri yang terbentuk sesudah kerta tersebut dibuka adalah...
Hasil guntingan final bila puncaknya dibuang yaitu berupa persegi yang ditengahnya berlubang berupa persegi juga.

$ \therefore $ Hasil guntingan final yaitu $persegi$
(9). Suatu lomba diadakan untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Perlombaan tersebut yaitu mengumpulkan semua bendera yang ada di pos-pos yang telah ditentukan. Setiap penerima diharuskan mengumpulkan satu bendera dari masing-masing pos. Jika setiap pos hanya sanggup dilewati satu kali, maka banyak rute yang mungkin dilewati oleh penerima lomba adalah..
Banyak rute pilihan yang mungkin yaitu
- Mulai-A-B-D-C-Akhir
- Mulai-A-D-B-C-Akhir
- Mulai-A-D-C-B-Akhir
- Mulai-B-A-D-C-Akhir
- Mulai-B-C-D-A-Akhir
- Mulai-C-D-B-A-Akhir
- Mulai-C-D-A-B-Akhir
- Mulai-C-B-D-A-Akhir
(10). Sepeda sirkus mempunyai ukuran ban yang berbeda, ban depan berjari-jari $56\ cm$ dan ban belakang berjari-jari $70\ cm$. Jika sepeda dikendarai dan menempuh jarak $1,76\ km$. Maka roda depan dan roda belakang masing-masing berputar sebanyak...putaran
Untuk satu putaran roda jarak yang ditempuh yaitu sama dengan keliling roda, maka;
- Keliling roda depan dengan $r=56\ cm$ yaitu $k=2 \pi r= 2 \times \dfrac{22}{7} \times 56=352\ cm$
Banyak putaran selama $1,76\ km=176000\ cm$ yaitu $\dfrac{176000}{352}=500$ - Keliling roda belakang dengan $r=70\ cm$ yaitu $k=2 \pi r= 2 \times \dfrac{22}{7} \times 70=440\ cm$
Banyak putaran selama $1,76\ km=176000\ cm$ yaitu $\dfrac{176000}{440}=400$
$ \therefore $ Banyak putaran roda yaitu $500$ putaran untuk ban depan dan $400$ putaran untuk ban belakang
(11). Ayah Eko bekerja di kator dari Senin hingga Jumat dan pulang pergi ke kantor naik angkutan umum dengan biaya per harinya $Rp60.000,00$. Pada hari Senin biaya perjalanan ayah Eko lebih mahal $RP12.500,00$ daripada hari biasanya. Dalam $1$ bulan ($30$ hari), biaya paling sedikit yang harus dibayarkan ayah Eko adalah...
(Catatan: Selama $1$ bulan tidak ada hari libur selain Sabtu dan Minggu)
Dalam $1$ bulan ($30$ hari) supaya pengeluaran minimum maka hari libur yaitu Sabtu dan Minggu dirancang yang paling banyak.
Satu Bulan | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|
Sen | Sel | Rab | Kam | Jum | Sab | Min |
- | - | - | - | 1 | 2 | |
3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 |
17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 |
24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 |
$ \therefore $ Biaya paling sedikit yaitu $Rp1.250.000,00$
(12). Ibu Ani membeli $3$ jenis pakaian yaitu: kaos, kemeja dan celana. Ibu Ani membayar $Rp1.400.000,00$ untuk pembelian $\dfrac{3}{4}$ lusin kaos, $\dfrac{1}{2}$ lusin kemeja dan $\dfrac{1}{4}$ kodi celana. Jika harga satu celana dua kali lipat harga satu kaos dan total harga $\dfrac{1}{2}$ lusin kemeja sama dengan total harga $\dfrac{3}{4}$ lusin kaos, maka perbandingan harga satu kaos, satu kemeja dan satu celana adalah...
Kita misalkan $kaos=x$, $kemeja=y$ dan $celana=z$;
$x= \dfrac{3}{4} lusin= 9$
$y=\dfrac{1}{2} lusin=6$
$z=\dfrac{1}{4} kodi=5$
Diketahui $z=2x$, $6y=9x$ dan
$\begin{align}
9x+6y+5z & =1.400.000 \\
9x+9x+5(2x) & =1.400.000 \\
28x & =1.400.000 \\
x & = \dfrac{1.400.000}{28} \\
x & = 50.000 \\
y & = 75.000 \\
z & = 100.000 \\
\end{align}$
Perbandingan harga yaitu $x : y:z=50.000:75.000:100.000$
$ \therefore $ Maka perbandingan harga yaitu $2:3:4$
(13). Jika masing-masing karakter $A$ hingga $Z$ berpasangan dengan bilangan asli, pola $A=1$, $B=2$, dan seterusnya, maka jumlah angka pada kalimat AKU SUKA MATEMATIKA adalah...
AKU SUKA MATEMATIKA
- AKU: $1+11+21=33$
- SUKA: $19+21+11+1=52$
- MATEMATIKA: $13+$$1+$$20+$$5+$$13+$$1+$$20+$$9+$$11+$$1=94$
- Jumlah keseluruhan $33+52+94=179$
(14). If $\dfrac{12}{20}=\dfrac{a}{5}=\dfrac{9}{b}$ then $a+2b$ equal to...
Dari persamaan $\dfrac{12}{20}=\dfrac{a}{5}=\dfrac{9}{b}$ kita peroleh:
- $\dfrac{12}{20}=\dfrac{a}{5}
\Rightarrow \dfrac{3}{5}=\dfrac{a}{5}$ sehingga nilai $a=3$ - $\dfrac{12}{20}=\dfrac{9}{b}
\Rightarrow \dfrac{3}{5}=\dfrac{9}{b}$ sehingga nilai $b=15$ - Nilai $a+2b=3+2(15)=33$
(15). Perhatikan pola gambar di bawah ini
Banyak segi-$6$ pada pola $5$ adalah...
Banyak segienam pada gambar pertama kedua dan ketiga membentuk sebuah pola kita tuliskan:
- $1$
- $ 1 + 6=7 $
- $ 1 + 6 + 12=19$
- $1 + 6 + 12 + 18$
- $1 + 6 + 12 + 18+24=61$
(16). In this figure $ABC$ is equilateral triangle. Sides $AC$ and $BC$ are divided into tree congruents segments. If area of $ABC$ is $36\ cm^{2}$ then evaluate the shaded area in this figure...
Pada gambar coba kita beri garis sumbangan dan nama titik yang baru, kurang lebih ibarat berikut ini;
- $\dfrac{[ACD]}{[ABD]}=\dfrac{1}{2}$
$\Rightarrow$ $2[ACD]=[ABD]$ - $ [ACD]+[ABD]=36$
$ [ACD]+2[ACD]=36$ $\Rightarrow$ $ [ACD]=12$ dan $ [ABD]=24$ - $\dfrac{[ADE]}{[ECD]}=\dfrac{1}{2}$
$\Rightarrow$ $2[ADE]=[ECD]$ - $ [ADE]+[ECD]=[ACD]$
$[ADE]+2[ADE]=12$
$\Rightarrow$ $[ADE]=4$ dan $[ECD]=8$
$ \therefore $ Luas yang diarsir yaitu $28\ cm$
(17). Pada pertandingan sepak bola suatu klub sepak bola akan memperoleh nilai $3$ bila ia menang, memperoleh bilai $1$ bila seri dan nilai $0$ bila kalah. Jika selama $25$ kali pertandingan PS.OSN pernah seri dan memperoleh skor $48$, maka klub PS.OSN paling sedikit memperoleh kekalahan...kali.
PS.OSN memperoleh nilai $48$ dengan meminimalkan kekalahan untuk $25$ pertandingan;
- $25$ seri nilainya yaitu $25$,
- $24$ seri dan $1$ menang nilainya $27$,
- $23$ seri dan $2$ menang nilainya $29$,
- $22$ seri dan $3$ menang nilainya $31$,
- $21$ seri dan $4$ menang nilainya $33$,
- $20$ seri dan $5$ menang nilainya $35$,
- $19$ seri dan $6$ menang nilainya $37$,
- $18$ seri dan $7$ menang nilainya $39$,
- $17$ seri dan $8$ menang nilainya $41$,
- $16$ seri dan $9$ menang nilainya $43$,
- $15$ seri dan $10$ menang nilainya $45$,
- $14$ seri dan $11$ menang nilainya $47$,
- $13$ seri dan $12$ menang nilainya $49$,
$ \therefore $ Paling sedikit memperoleh kekalahan yaitu $1$ kali
(18). Dodi, Endang, Fahmi, dan Gafiz berlomba melempar batu. Hasil perlombaan diperoleh: $5\%$ lemparan Endang lebih jauh dari lemparan Dodi, $8\%$ lemparan Fahim lebih bersahabat dari lemparan Dodi dan $10\%$ lemparan Gafiz lebih jauh dari lemparan Dodi. Jika rata-rata jarak lemparan mereka $305,25\ dm$, maka jarak lemparan Gafiz adalah...
Misal: Dodi=$D$, Endang=$E$, Fahmi=$F$, dan Gafiz=$G$.
- $E=5\%+D$ atau $E=105\%D$
- $F+8\%=D$ atau $F=92\%D$
- $G=10\%+D$ atau $G=110\%D$
$\begin{align}
305,25 &= \dfrac{D+E+F+G}{4} \\
1221 &= D+E+F+G \\
1221 &= 100\%D+105\%D+92\%D+110\%D \\
1221 &= 407\%D \\
D &= \dfrac{1221 \times 100}{407} =300 \\
G &= 110\% \times 300 = 330
\end{align}$
$ \therefore $ Jarak lemparan Gafiz yaitu $330\ dm$
(19). Dalam suatu perlombaan lari pada ajang Asian Games $10$ orang pelari akan berlomba termasuk $2$ orang pelari Indonesia Ari dan Eka. Rata-rata Kecepatan $10$ orang pelari yaitu $11\ km/jam$. Jika kecepatan Eka lebih lambat $3\ km/jam$ dari kecepatan Ari dan rata-rata kecepatan keduanya yaitu $12\ km/jam$, maka rata-rata kecepatan dari $9$ orang pelari selain Eka adalah...
Misal: Ari=$A$ dan Eka=$E$ dan Pelari lain $P_{1}$ hingga $P_{8}$.
Kecepatan Eka lebih lambat $3\ km/jam$ dari kecepatan Ari dan rata-rata $A$ dan $E$ yaitu $12$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
A-E &= 3 \\
A+E &= 24 \\
\hline
2A &= 27 \\
A &= 13,5 \\
E &= 10,5
\end{align}$
Dari $10$ penerima lari rata-rata yaitu $11$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
11 &= \dfrac{A+E+P_{1}+\cdots+P_{8}}{10} \\
110 &= A+E+P_{1}+\cdots+P_{8} \\
110-10,5 &= A+P_{1}+\cdots+P_{8} \\
99,5 &= A+P_{1}+\cdots+P_{8} \\
\bar{x}_{9} &= \dfrac{A+P_{1}+\cdots+P_{8}}{9} \\
&= \dfrac{99,5}{9}=11,05555...
\end{align}$
$ \therefore $ Rata-rata kecepatan yaitu $11,0\bar{5}\ km/jam$
(20). Rata-rata ulangan matematika dari $35$ penerima didik kelas V SD HEBAT yaitu $83,9$. Rata-rata nilai ulangan $17$ penerima didik yaitu $80$, sedangkan rata-rata nilai ulangan $13$ penerima didik lainnya yaitu $83$. Nilai ulangan terkecil yang mungkin dari 5 penerima didik sisanya adalah...
Dari $35$ penerima didik rata-rata yaitu $83,9$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
83,9 &= \dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{35}}{35} \\
83,9 \times 35 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{35} \\
2936,5 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{35}
\end{align}$
Dari $17$ penerima didik rata-rata yaitu $80$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
80 &= \dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{17}}{17} \\
80 \times 17 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{17} \\
1360 &= x_{1}+x_{2}+x_{3}\cdots+x_{17}
\end{align}$
Dari $13$ penerima didik rata-rata yaitu $83$, sehingga berlaku:
$\begin{align}
83 &= \dfrac{x_{18}+x_{19}+x_{20}\cdots+x_{30}}{13} \\
83 \times 13 &= x_{18}+x_{19}+x_{20}\cdots+x_{30} \\
1079 &= x_{18}+x_{19}+x_{20}\cdots+x_{30}
\end{align}$
Jumlah nilai $5$ penerima yang lain yaitu $2936,5-1360-1079=497,5$. Karena jumlah nilai $5$ siswa yang tidak diikutkan yaitu $497$ dan maksimumnya yaitu $500$, nilai yang terkecil yang mungkin yaitu $97,5$.
$ \therefore $ Nilai ulangan terkecil yaitu $97,5$
(21). Misalkan $\square$ dan $\blacktriangle$ merupakan dua bilangan. Bila $ \square \bigstar \blacktriangle =\square \times \square +$$ \blacktriangle \times \blacktriangle -$$2 \times \square \times \blacktriangle$ maka nilai bilangan konkret $ \blacktriangle $ supaya $8 \bigstar \blacktriangle =169 $ adalah...
Jika kita perhatikan simbol-simbol di atas ibarat menggunakan identitas bilangan berpangkat $(a-b)^{2}=a^{2}+b^{2}-2ab$
$\begin{align}
\square \bigstar \blacktriangle &= \square \times \square + \blacktriangle \times \blacktriangle - 2 \times \square \times \blacktriangle \\
\square \bigstar \blacktriangle &= \left( \square - \blacktriangle \right)^{2} \\
8 \bigstar \blacktriangle &= \left( 8 - \blacktriangle \right)^{2} \\
169 &= \left( 8 - \blacktriangle \right)^{2} \\
13^{2} &= \left( 8 - \blacktriangle \right)^{2} \\
13 &= 8 - \blacktriangle \\
\blacktriangle &= 8 - 13 =-5 \\
\end{align}$
$\begin{align}
\square \bigstar \blacktriangle &= \square \times \square + \blacktriangle \times \blacktriangle - 2 \times \square \times \blacktriangle \\
\square \bigstar \blacktriangle &= \left( \blacktriangle - \square \right)^{2} \\
8 \bigstar \blacktriangle &= \left( \blacktriangle-8 \right)^{2} \\
169 &= \left( \blacktriangle-8 \right)^{2} \\
13^{2} &= \left( \blacktriangle-8 \right)^{2} \\
13 &= \blacktriangle-8 \\
\blacktriangle &= 8 + 13 =21 \\
\end{align}$
$ \therefore $ Nilai bilangan konkret $ \blacktriangle $ yaitu $21$
(22). Banyaknya bilangan lingkaran konkret tiga $ABC$ dengan $ABC-BCA=198$ adalah...
$\begin{align}
ABC-BCA &= 198 \\
100A+10B+C-(100B+10C+A) &= 198 \\
99A-90B-9C &= 198 \\
9(11A-10B-C) &= 198 \\
11A-10B-C &= 22 \\
11 \left( A- \dfrac{10B-C}{11} \right) &= 11 \times 2
\end{align}$
Dari persamaan di atas kita peroleh $\left( A- \dfrac{10B-C}{11} \right) \equiv 2$ maka $\dfrac{10B-C}{11}$ harus bilangan lingkaran dan $10B-C$ kelipatan $11$
- Untuk $B=9$ maka $C=2$ dan $A$ tidak ada yang memenuhi
- Untuk $B=8$ maka $C=3$ dan $A=9$
- Untuk $B=7$ maka $C=4$ dan $A=8$
- Untuk $B=6$ maka $C=5$ dan $A=7$
- Untuk $B=5$ maka $C=6$ dan $A=6$
- Untuk $B=4$ maka $C=7$ dan $A=5$
- Untuk $B=3$ maka $C=8$ dan $A=4$
- Untuk $B=2$ maka $C=9$ dan $A=3$
Ide, referensi, atau pembagian terstruktur mengenai dari alternatif penyelesaian soal diatas dibantu oleh teman-teman guru matematika di Matematika Nusantara.
Berikut beberapa file yang dijadikan lampiran atau rujukan:
- Soal Olimpiade Sains Nasional SD tingkat Provinsi tahun 2020 Bidang Matematika download
- Soal Olimpiade Sains Nasional SD tingkat Provinsi tahun 2020 Bidang IPA download
- Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2020 Bidang Matematika oleh Miftahus Saidin Download
- Soal dan Pembahasan OSN SD Tingkat Provinsi tahun 2020 Bidang Matematika oleh Hendri Purnomo Download
Pembahasan soal diatas masih jauh dari sempurna, Makara bila ada masukan yang sifatnya membangun terkait dilema alternatif penyelesaian atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan๐CMIIW
Jangan Lupa Untuk Berbagi ๐Share is Caring ๐ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE๐
Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan cara pilar (pintar bernalar);

Belum ada Komentar untuk "✔ Soal Dan Pembahasan Osn Sd Tingkat Provinsi Tahun 2020 Bidang Matematika"
Posting Komentar