✔ 40 Soal Simulasi Unbk Matematika Smp Tahun 2020 (*Soal Dan Pembahasan Paket A)

ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)Persiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istilahnya dengan UNBK sudah dioptimalkan, salah satunya yaitu dengan melaksanakan simulasi UNBK.

Secara umum Ujian Nasional menggunakan komputer bagi belum dewasa Sekolah Menengah Pertama lebih menyenangkan dari pada Ujian Nasional menggunakan kertas yang dikenal dengan lembar balasan komputer. Menghadapi lembar balasan komputer bagi anak Sekolah Menengah Pertama itu tampaknya lebih was-was dari pada meghadapi layar komputer.

Kendala paling umum dalam pelaksanaan UNBK ini yaitu masih minimnya kemudahan sekolah atau kemudahan belum dewasa di rumah, sehingga frekuensi belum dewasa berhadapan eksklusif dengan komputer sangat minim. Ditambah lagi Kurikulum 2013 yang menghilangkan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari mata pelajaran wajib sudah pastinya mengurangi frekuensi belum dewasa menggunakan komputer.

Jika UNBK ini merupakan kegiatan jangka panjang, ada baiknya mata pelajaran TIK dikembalikan lagi ke mata pelajaran wajib, biar persoalan frekuensi penggunaan komputer sedikit berkurang. Ketika dilakukan simulasi UNBK menyerupai yang baru-baru ini, para guru sanggup konsentrasi kepada materi soal yang diujikan, bukan lagi simulasi memegang tetikus $(\text{baca: mouse})$ atau simulasi meminjam komputer kepada sekolah tetangga.

Mudah-mudahan masalah-masalah yang berkembang pada pelaksanaan UNBK hari ini sanggup diatasi pada pelaksamnaan UNBK pada tahun-tahun yang akan datang.

Mengingat pada pelaksanaan simulasi UNBK belum dewasa belum terlalu konsentrasi kepada materi soal, disini kita coba diskusikan kembali soal-soal yang diujikan pada simulasi kemarin. Mari berdiskusiπŸ˜‰πŸ˜Š
1. Hasil dari $\left ( 243^{\frac{1}{3}} \right )^{\frac{3}{5}}$ adalah...
$(A)\ 9$
$(B)\ 3$
$(C)\ 2$
$(D)\ 1$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung bilangan bepangkat pada soal sanggup kita gunakan sifat bilangan berpangkat yaitu $(a^{m})^{n}=a^{m \times n}$
$ \begin{align}
\left ( 243^{\frac{1}{3}} \right )^{\frac{3}{5}} & =243^{\frac{1}{3} \times \frac{3}{5}} \\
& =243^{\frac{1 \times 3}{3 \times 5}} \\
& =243^\frac{3}{15} \\
& =(3^{5})^\frac{3}{15} \\
& =3^{5 \times \frac{3}{15}} \\
& =3^{\frac{15}{15}} \\
& =3^{1}=3 \\
\end{align} $

Hasil selesai $3$ sesuai dengan pilihan $(B)$

2. Bilangan yang senilai dengan $\frac{8}{3+\sqrt{5}}$ adalah...
$(A)\ 6-2\sqrt{5}$
$(B)\ 6+2\sqrt{5}$
$(C)\ 12-2\sqrt{5}$
$(D)\ 12+2\sqrt{5}$
Alternatif Pembahasan:

Bilangan yang senilai dengan sebuah bilangan itu sanggup kita cari dengan merubah bentuk tapi tidak merubah nilainya. Cara yang paling gampang yaitu dengan mengkalikan bilangan itu dengan $1$, sebab bilangan yang dikali dengan $1$ alhasil yaitu bilangan itu sendiri.
$ \begin{align}
\frac{8}{3+\sqrt{5}}
& =\frac{8}{3+\sqrt{5}} \times 1 \\
& =\frac{8}{3+\sqrt{5}} \times \frac{3-\sqrt{5}}{3-\sqrt{5}} \\
& =\frac{8(3-\sqrt{5})}{(3+\sqrt{5})(3-\sqrt{5})} \\
& =\frac{8(3-\sqrt{5})}{(9-5)} \\
& =\frac{8(3-\sqrt{5})}{4} \\
& =\frac{2(3-\sqrt{5})}{1} \\
& =6-2\sqrt{5} \\
\end{align} $

Hasil selesai $6-2\sqrt{5}$ cocok pilihan balasan $(A)$

3. Persamaan garis yang melalui titik $P(-3,5)$ dan bergradien $-\frac{4}{5}$ adalah...
$(A)\ 4y+5x+7=0$
$(B)\ 4y+5x-7=0$
$(C)\ 5y+4x+13=0$
$(D)\ 5y+4x-13=0$
Alternatif Pembahasan:

Persamaan garis yang melalui titik $(x_{1}, y_{1})$ dan bergradien $m$ adalah:
$ \begin{align}
y-y_{1}&=m(x-x_{1}) \\
\end {align}$

Persamaan garis yang melalui titik $P(-3,5)$ dan bergradien $-\frac{4}{5}$ adalah:
$ \begin{align}
y-y_{1} & = m(x-x_{1}) \\
y-5 &=-\frac{4}{5}(x-(-3)) \\
y-5 &=-\frac{4}{5}(x+3) \\
y-5 &=-\frac{4(x+3)}{5} \\
5(y-5) &=-4(x+3) \\
5y-25 &=-4x-12 \\
5y+4x-13 &=0
\end{align}$

Hasil selesai $5y+4x-13=0$ cocok dengan pilihan $(D)$

4. Budi berjalan dengan kecepatan $12\ km/jam$ selam $1$ jam pertama. Pada jam kedua kecepatan Budi berkurang menjadi setengahnya, demikian juga pada jam berikutnya kecepatan menjadi setengah dari sebelumnya. Jarak yang ditempuh Budi selam $5$ jam pertama adalah...
$(A)\ 23,00$ km
$(B)\ 23,25$ km
$(C)\ 22,50$ km
$(D)\ 21,00$ km
Alternatif Pembahasan:

Sebelum kita bahas jarak yang ditempuh Budi, kita ingatkan kembali arti $12\ km/jam$ yaitu selama $1$ jam jarak yang ditempuh $12\ km$.

Untuk menghitung jarak yang ditempuh Budi selama 5 jam pertama, sanggup kita hitung dengan manual;

  • $1$ jam pertama kecepatan $12\ km/jam$, jarak yang ditempuh $12$ km,
  • $1$ jam kedua kecepatan $6\ km/jam$, jarak yang ditempuh $6$ km,
  • $1$ jam ketiga kecepatan $3\ km/jam$, jarak yang ditempuh $3$ km,
  • $1$ jam keempat kecepatan $1,5\ km/jam$, jarak yang ditempuh $1,5$ km,
  • $1$ jam kelima kecepatan $0,75\ km/jam$, jarak yang ditempuh $0,75$ km,

Total jarak yang ditempuh Budi yaitu $12+6+3+1,5+0,75$$=23,25$ km

Untuk menuntaskan soal diatas sanggup juga kita gunakan konsep Deret Geometri.
Suku pertam: $a=12$;
Rasio: $r=\frac{1}{2}$
Jumlah $5$ suku pertama: $S_{5}$
$ \begin{align}
S_{5} &=\frac{a \cdot (1-r^{n})}{1-r} \\
&=\frac{12 \cdot (1-(\frac{1}{2})^{5})}{1-\frac{1}{2}} \\
&=\frac{12 \cdot (1-\frac{1}{32})}{\frac{1}{2}} \\
&=\frac{12 \cdot \frac{31}{32}}{\frac{1}{2}} \\
&=24 \cdot \frac{31}{32} \\
&=\frac{93}{4} \\
&=23,25
\end{align}$

Hasil selesai $23,25$ km cocok dengan pilihan $(B)$

5. Parto minum $80$ mg obat untuk mengendalikan tekanan darahnya. Grafik berikut memperlihatkan banyaknya obat pada ketika itu beserta banyaknya obat dalam darah Parto sesudah satu, dua, tiga dan empat hari.
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
$(A)\ 6$
$(B)\ 12$
$(C)\ 26$
$(D)\ 32$
Berapa banyak obat yang masih tetap aktif pada selesai hari pertama?
Alternatif Pembahasan:

Dengan memperhatikan grafik yang dimulai dari $80$, sumbu $Y$ yang menyatakan kadar Dosis (mg) untuk satu kotak setara dengan $10\ mg$. Sumbu $X$ yang menyatakan waktu $(hari)$ sesudah minum obat untuk dua kotak setara dengan $1$ hari.

Dari grafik, pada selesai hari pertama titik grafik berada pada posisi $30-40$, yang paling cocok dengan pilihan pada soal yaitu $32\ mg$ yaitu pilihan $(D)$

6. Perhatikan gambar berikut!
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Persamaan garis $k$ adalah...
$(A)\ 5y+3x=12$
$(B)\ 5y+3x=-12$
$(C)\ 5y-3x=12$
$(D)\ 5y-3x=-12$
Alternatif Pembahasan:

Untuk mendapat persamaan garis, setidaknya kita butuhkan titik yang melalui garis dan gradien garis.

Garis $k$ melalui titik $(4,0)$ dan tegak lurus dengan garis $l$.
Karena garis $k$ tegak lurus dengan garis $l$ maka $m_{k} \cdot m_{l}=-1$

Gradien garis $l$ yang melalui dua titik $(-3,0)$ dan $(0,5)$
$m_{l}=\frac{y_{2}-y_{1}}{x_{2}-x_{1}}$
$m_{l}=\frac{5-0}{0-(-3)}$
$m_{l}=\frac{5}{3}$

$m_{k} \cdot m_{l}=-1$ maka $m_{k} \cdot \frac{5}{3}=-1$
$m_{k} =-\frac{3}{5}$

Garis $k$ melalui titik yaitu

Persamaan garis $k$ dengan $m_{k} =-\frac{3}{5}$ dan melalui $(4,0)$ adalah:
$y-y_{1}=m(x-x_{1})$
$y-0=-\frac{3}{5}(x-4)$
$y=\frac{-3x+12}{5}$
$5y=-3x+12$
$5y+3x=12$

Hasil selesai $5y+3x=12$ cocok dengan pilihan $(A)$

7. Gambar berikut yaitu gambar sebuah tangga yang disandarkan pada dinding tembok. Gradien tangga tersebut terhadap lantai adalah...
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
$(A)\ \frac{5}{3}$
$(B)\ \frac{3}{5}$
$(C)\ \frac{4}{3}$
$(D)\ \frac{3}{4}$
Alternatif Pembahasan:

Jika belum sanggup menghitung gradien garis hanya dengan melihat gambar garis, alternatif kita sanggup menggunakan rumus gradien garis. Dengan mengilustrasikan gambar berada pada diagram cartesius, coba perhatikan gambar dibawah ini sebagai ilustrasinya;

ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Gradien garis yang melalui dua titik $(x_{1},y_{1})$ dan $(x_{2},y_{2})$
$m=\frac{y_{2}-y_{1}}{x_{2}-x_{1}}$

Gradien garis $(tangga)$ yang melalui dua titik $(-3,0)$ dan $(0,4)$
$m_{t}=\frac{y_{2}-y_{1}}{x_{2}-x_{1}}$
$m_{t}=\frac{4-0}{0-(-3)}$
$m_{t}=\frac{4}{3}$

Hasil selesai $\frac{4}{3}$ cocok dengan pilihan $(C)$

8. "Toko Pakaian"
Ada empat toko menjual jenis barang yang sama. Daftar harga barang dan diskon menyerupai pada tabel.
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Ali akan membeli sebuah baju dan celana di toko yang sama. Di toko manakah Ali berbelanja biar diperoleh harga yang paling murah.
$(A)$ Toko Rame
$(B)$ Toko Damai
$(C)$ Toko Seneng
$(D)$ Toko Indah
Alternatif Pembahasan:

Kita coba hitung semua potongan harga [diskon] pada semua toko;

  • Toko Rame: $\frac{25}{100} \times 80.000 + \frac{10}{100} \times 100.000$
    $=20.000+10.000=30.000$
  • Toko Damai: $\frac{20}{100} \times 80.000 + \frac{15}{100} \times 100.000$
    $=16.000+15.000=31.000$
  • Toko Seneng: $\frac{15}{100} \times 80.000 + \frac{20}{100} \times 100.000$
    $=12.000+20.000=32.000$
  • Toko Indah: $\frac{10}{100} \times 80.000 + \frac{25}{100} \times 100.000$
    $=8.000+25.000=33.000$
Hasil selesai potongan paling banyak di Toko Indah cocok dengan pilihan $(D)$


9. Fuad yaitu seorang pengrajin sangkar kelinci. Untuk menciptakan satu sangkar kelinci berbentuk balok berukuran $80\ cm \times 60\ cm \times 40\ cm$ dibutuhkan potongan besi pada setiap cuilan kerangka. dalam satu hari Fuad sanggup menciptakan $8$ sangkar kelinci. Jika harga potongan besi $Rp20.000,00$ per meter, maka biaya yang dibutuhkan untuk membeli potongan besi setiap hari adalah...
$(A)\ Rp992.000,00$
$(B)\ Rp1.152.000,00$
$(C)\ Rp1.312.000,00$
$(D)\ Rp1.142.000,00$
Alternatif Pembahasan:

Kandang kelinci berbentuk balok berukuran $80\ cm \times 60\ cm \times 40\ cm$ dan rangkanya terbuat dari potongan besi.
Potongan besi yang dibutuhkan untuk satu buah kandang:
$80\ cm \times 4 + 60\ cm \times 4+40\ cm \times 4$
$=320\ cm + 240\ cm+ 160\ cm$
$=720\ cm$

Jika Satu hari sanggup dibentuk $8$ sangkar kelinci maka potongan besi yang dibutuhkan setiap hari yaitu $720\ cm \times 8=5.760\ cm= 57,6 m$

Biaya yang dibutuhkan untuk membeli potongan besi setiap hari yaitu $57,6 m \times 20.000=1.152.000,00$

Hasil selesai $Rp1.152.000,00$ cocok pada pilihan balasan $(B)$


10. Roni diperbolehkan ibunya untuk mengambil satu permen dari sebuah kantong. Dia tidak sanggup melihat warna permen tersebut. Banyaknya permen dengan masing-masing warna dalam kantong tersebut ditunjukkan dalam grafik berikut...
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Berapaka peluang Roni mengambil sebuah permen warna merah?
$(A)\ 10\%$
$(B)\ 20\%$
$(C)\ 25\%$
$(D)\ 50\%$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung peluang terambil permen warna merah, pertama kita hitung keseluruhan permen yang ada, yaitu $6+5+3+3+2+4+2+5=30$.
Banyak permen warna merah yaitu $6$

Teorema Peluang terjadinya sebuah insiden yaitu banyaknya anggota insiden dibandingkan dengan banyaknya anggota insiden yang mungkin terjadi [Banyak anggota Ruang Sampel]. Secara simbolik kita tuliskan;
$P(E)=\frac{n(E)}{n(S)}$
dimana;
$P(E):$ Peluang insiden $E$
$n(E):$ Banyak anggota insiden $E$
$n(S):$ Banyak anggota insiden yang mungkin terjadi.

Peluang terambil sebuah permen warna merah dari 30 permen dan 6 permen berwarna merah adalah;
$P(E)=\frac{n(E)}{n(S)}$
$P(E)=\frac{6}{30}=\frac{1}{5}$

Hasil selesai $\frac{1}{5}=20\%$ cocok pada pilihan balasan $(B)$

11. Dari 30 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Paskibra terdapat 22 siswa membawa peci, 14 siswa membawa lencana burung garuda, dan 4 siswa tidak membawa keduanya. Banyak siswa yang membawa kedua benda tersebut adalah...
$(A)\ 4$ siswa
$(B)\ 6$ siswa
$(C)\ 8$ siswa
$(D)\ 10$ siswa
Alternatif Pembahasan:

Jika kita misalkan banyak siswa yang membawa Peci dan Lencana dengan $x$, Untuk mengetahui nilai $x$, kita coba menggunakan diagram venn.

ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Dari data yang ada banyak siswa keseluruhan yaitu $30$, artinya kalau digabungkan semua siswa yang hanya membawa peci, hanya membawa lencana, membawa peci juga lencana, dan tidak membawa peci atau lencana jumlahnya yaitu $30$ siswa.
$30=22-x+x+14-x+4$
$30=40-x$
$x=40-30$
$x=10$

Hasil selesai $10$ cocok pada pilihan balasan $(D)$

12. Perhatikan gambar!
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Besar $\angle KLM$ adalah...
$(A)\ 15^{\circ}$
$(B)\ 30^{\circ}$
$(C)\ 42^{\circ}$
$(D)\ 60^{\circ}$
Alternatif Pembahasan:

$\angle NKM$ yaitu sudut pelurus $\angle MKL$, sehingga $180^{\circ}=\angle NKM + \angle MKL$.
$\angle MKL$, $\angle KML$ dan $\angle KLM$ yaitu sudut dalam segitiga, sehingga $180^{\circ}=\angle MKL + \angle KML + \angle KLM$.

$\angle NKM + \angle MKL=\angle MKL + \angle KML + \angle KLM$
$\angle NKM = \angle KML + \angle KLM$
$6x+20 =50 + 4x$
$6x-4x =50 -20$
$2x =30$
$x=15$

$\angle KLM=4x=4(15)=60$

Hasil selesai $60$ cocok pada pilihan balasan $(D)$

13. "Tarif Taksi"
Sebuah kota terdapat dua perusahaan taksi A dan taksi B.
Perusahaan tersebut mengatakan tarif taksi menyerupai tabel.
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Penumpang taksi [Konsumen] sanggup menentukan tarif taksi yang lebih murah. Yunia ingin pergi ke Mall yang berjarak $15$ km dari rumahnya. Agar diperoleh biaya yang lebih murah, taksi manakah yang sebaiknya akan dipakai oleh Yunia?
$(A)$ taksi A, sebab tarif taksi yang lebih murah.
$(B)$ taksi B, lebih murah sebab lebih kecil, sehingga akan terus murah.
$(C)$ taksi A, sebab lebih murah 6 ribu rupiah.
$(D)$ taksi B, sebab lebih murah 4 ribu rupiah.
Alternatif Pembahasan:

Jika kita perhatikan tarif taksi A dan taksi B pada tabel, untuk setiap pertambahan kilometer ongkos yang bertambah tetap.

Untuk taksi A, setiap kilometer bertambah $Rp2.500$ setiap kilometer yang diawali dari $Rp7.000$. Aturan yang dipakai sama dengan hukum pada barisan aritmatika dengan suku pertama $a=7.000$ dan $b=2.500$.
$U_{15}=a+14b=7.000+14(2.500)$
$U_{15}=7.000+35.000$
$U_{15}=42.000$

Untuk taksi B, setiap kilometer bertambah $Rp2.000$ setiap kilometer yang diawali dari $Rp10.000$. Aturan yang dipakai sama dengan hukum pada barisan aritmatika dengan suku pertama $a=10.000$ dan $b=2.000$.
$U_{15}=a+14b=10.000+14(2.000)$
$U_{15}=10.000+28.000$
$U_{15}=38.000$

Hasil akhir, Yunia akan menentukan taksi B, sebab lebih murah 4 ribu rupiah, cocok pada pilihan balasan $(D)$

14. Perbandingan uang Ani dan Ina $3:5$. Jumlah uang mereka $Rp400.000,00$. selisih uang keduanya adalah...
$(A)\ Rp80.000,00$
$(B)\ Rp100.000,00$
$(C)\ Rp150.000,00$
$(D)\ Rp200.000,00$
Alternatif Pembahasan:

Perbandingan uang Ani dan Ina yaitu $3:5$, perbandingan ini senilai dengan $3x:5x$ artinya uang Ani sebesar $Rp3x$ dan uang Ina sebesar $Rp5x$.

Jumlah uang mereka $Rp400.000,00$, sehingga berlaku:
$3x+5x=400.000$
$8x=400.000$
$x=\frac{400.000}{8}$
$x=50.000$

Uang Ani $Rp3x=Rp150.000$
Uang Ina $Rp5x=Rp250.000$

Hasil akhir, selisih uang mereka yaitu $Rp100.000,00$ cocok pada pilihan balasan $(B)$

15. Dua dadu dilambungkan bersamaan sebanyak sekali. Peluang munculnya mata dadu berjumlah $9$ adalah...
$(A)\ \frac{4}{36}$
$(B)\ \frac{5}{36}$
$(C)\ \frac{8}{36}$
$(D)\ \frac{9}{36}$
Alternatif Pembahasan:

Teorema Peluang terjadinya sebuah insiden yaitu banyaknya anggota insiden dibandingkan dengan banyaknya anggota insiden yang mungkin terjadi (Banyak anggota Ruang Sampel). Secara simbolik kita tuliskan;
$P(E)=\frac{n(E)}{n(S)}$
dimana;
$P(E):$ Peluang insiden $E$
$n(E):$ Banyak anggota insiden $E$
$n(S):$ Banyak anggota insiden yang mungkin terjadi.

Pada pelemparan dua buah dadu hasil yang mungkin atau ruang sampelnya adalah: ${(1,1),\ (1,2),\ (1,3), \cdots (5,6),(6,6)}$.
Banyak anggota ruang sampel atau $n(S)=36$

Hasil yang diharapkan muncul mata dadu berjumlah $9$ anggotanya adalah: ${(3,6),\ (4,5),\ (5,4),\ (6,3)}$.
banyak anggota insiden yang diharapkan atau $n(E)=4$

Peluang muncul mata dadu berjumlah $9$ adalah;
$P(E)=\frac{n(E)}{n(S)}$
$P(E)=\frac{4}{36}$

Hasil selesai $\frac{4}{36}$ cocok pada pilihan balasan $(A)$

16. Seorang tukang parkir mendapat uang sebesar $Rp17.000,00$ dari 3 buah kendaraan beroda empat dan 5 buah motor, sedangkan dari 4 buah kendaraan beroda empat dan 2 buah motor ia mendapat $Rp18.00,00$. Jika terdapat 20 kendaraan beroda empat dan 30 motor, banyak uang parkir yang ia peroleh adalah....
$(A)\ Rp135.000,00$
$(B)\ Rp115.000,00$
$(C)\ Rp110.000,00$
$(D)\ Rp100.000,00$
Alternatif Pembahasan:

Untuk mendapat banyak uang parkir untuk 20 kendaraan beroda empat dan 30 motor, saah satu caranya sanggup dengan mencari biaya parkir untuk 1 kendaraan beroda empat atau 1 motor.

Misal biaya parkir untuk $1\ mobil=x$ dan $1\ motor=y$, sehingga kalimat pada soal sanggup kita ubah menjadi;
$ \begin{array}{cc}
3x+5y=17.000\ |\text{dikali 4} & \\
4x+2y=18.000\ |\text{dikali 3} & \\
\hline
12x+20y=68.000\ & \\
12x+6y=54.000\ & \\
\hline
14y = 14.000 & \\
y = 1.000 &
\end{array} $

Untuk $y=1.000$ maka $4x+2y=18.000$ menjadi;
$4x+2(1.000)=18.000$
$4x=18.000-2.000$
$4x=16.000$
$x=4.000$

Total uang parkir adalah
$20x+30y=20(4.000)+30(1.000)$
$20x+30y=80.000+30.000$
$20x+30y=110.000$

Hasil selesai $Rp110.000,00$ cocok pada pilihan balasan $(C)$

17. Perhatikan gambar berikut!
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Sebidang tanah berbentuk trapesium samakaki. Di cuilan dalam akan dibentuk bak ikan yang sebangun dengan tanah tersebut. Di sekeliling bak dibangun jalan setapak. Luas jalan tersebut adalah...
$(A)\ 216\ m^{2}$
$(B)\ 226\ m^{2}$
$(C)\ 236\ m^{2}$
$(D)\ 316\ m^{2}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung luas jalan, kita coba menghitung dari selisih luas tanah dan luas kolam. Tanah dan bak sama-sama berbentuk trapesium sama kaki, hanya ukurannya yang berbeda.

ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Unsur-unsur pada gambar diatas yang belum diketahui yaitu $x$ dan $y$, yang sanggup kita hitung dengan menggunakan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian.
$\frac{x}{15}=\frac{36}{y}=\frac{20}{25}$
$\frac{x}{15}=\frac{36}{y}=\frac{4}{5}$
$\frac{x}{15}=\frac{4}{5}$
$x=\frac{4}{5} \times 15$
$x=12$

$\frac{36}{y}=\frac{4}{5}$
$y=\frac{5}{4} \times 36$
$y=45$

Luas trapesium yaitu jumlah panjang garis sejajar dikali jarak dua garis sejajar kemudian dibagi dua.
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Dengan memperhatikan data-data pada gambar;
$d_{k}=\sqrt{20^{2}-12^{2}}$
$d_{k}=\sqrt{400-144}=16$

$d_{t}=\sqrt{25^{2}-15^{2}}$
$d_{t}=\sqrt{625-225}=20$

Luas kolam
$L_{k}=\frac{1}{2} \times (12+36) \times 16$
$L_{k}=\frac{1}{2} \times 48 \times 16$
$L_{k}=384$

Luas tanah
$L_{k}=\frac{1}{2} \times (15+45) \times 20$
$L_{k}=\frac{1}{2} \times 60 \times 20$
$L_{k}=600$

Luas jalan=Luas tanah-luas kolam
Luas jalan$=600-384=216\ m^{2}$

Hasil selesai $216\ m^{2}$ cocok pada pilihan balasan $(A)$

18. Tanah pekarangan pak Ahsan berbentuk persegipanjang dengan panjang 24 meter dan lebar 18 meter. Di sekeliling tanah tersebut dipasang kawat sebagai pagar sebanyak 3 lapis. Panjang kawat yang diharapkan adalah...
$(A)\ 432$ meter
$(B)\ 360$ meter
$(C)\ 252$ meter
$(D)\ 162$ meter
Alternatif Pembahasan:

Tanah yang dimiliki pak Ahsan berbentuk persegi panjang denga ukuran $p=24$ dan $l=18$.
Panjang kawat yang dibutuhkan untuk mengelilingi tanah tersebut satu kali yaitu menggunakan konsep keliling persegi panjang, yaitu:
$k=2p+2l$
$k=2(24)+2(18)$
$k=48+36$
$k=84$

Karena kawat mengelilingi tanah sebanyak 3 kali, maka panjang kawat yang dibutuhkan yaitu $3 \times 84=252$ meter.

Hasil selesai $252$ meter cocok pada pilihan balasan $(C)$


19. Diketahui:
$S=\left \{x | 1 \leq x < 10,\ x\ \text{bilangan asli}\right \}$
$P=\left \{x | 1 \lt x \lt 6,\ x\ \text{bilangan prima}\right \}$
$Q=\left \{x | 1 \lt x \lt 9,\ x\ \text{bilangan genap}\right \}$
Diagram Venn untuk himpunan-himpunan diatas adalah...
$(A)$
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
$(B)$
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
$(C)$
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
$(D)$
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Alternatif Pembahasan:

Jika kita tuliskan anggota himpunan-himpunan yang disampaikan pada soal, anggotanya yaitu sebagai berikut;
$S=\left \{1,\ 2,\ 3,\ 4,\ 5,\ 6,\ 7,\ 8,\ 9\right \}$
$P=\left \{2,\ 3,\ 5\right \}$
$Q=\left \{2,\ 4,\ 6,\ 8\right \}$

$P \cap Q={2}$

Diagram Venn yang cocok pada pilihan balasan $(A)$

20. Perhatikan gambar berikut!
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Gambar berpola di atas terbentuk dari beberapa persegi. banyak persegi pada gambar ke-7 adalah...
$(A)\ 21$
$(B)\ 25$
$(C)\ 29$
$(D)\ 46$
Alternatif Pembahasan:

Dengan memperhatikan gambar;

  • gambar $(1)$ banyak persegi yaitu 1.
  • gambar $(2)$ banyak persegi yaitu 5.
  • gambar $(3)$ banyak persegi yaitu 9.
  • $\vdots$
  • gambar $(7)$ banyak persegi yaitu $\cdots$

Banyak persegi untuk setiap gambar mempunyai teladan dan hukum teladan ini tampaknya sama dengan hukum pada Barisan Aritmatika, dengan suku pertama $a=1$ dan $b=4$.

Gambar ke-n sama dengan suku yang ke-n;
$u_{n}=a+(n-1)b$

Gambar ke-7 sama dengan suku yang ke-7;
$u_{7}=1+(7-1)4$
$u_{7}=1+(6)4$
$u_{7}=25$

Hasil selesai $25$ cocok pada pilihan balasan $(B)$

21. Perhatikan gambar berikut!
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Besar pelurus sudut $KLN$ adalah...
$(A)\ 31^{\circ}$
$(B)\ 72^{\circ}$
$(C)\ 85^{\circ}$
$(D)\ 155^{\circ}$
Alternatif Pembahasan:

Sudut $KLN$ yaitu sudut pelurus sudut $NLK$ sehingga berlaku;
$\angle KLN + \angle KLN=180^{\circ}$
$3x+15 + 2x+10=180$
$5x+25=180$
$5x=180-25$
$5x=155$
$x=\frac{155}{5}=31$

Sudut $KLN=(3x+15)^{\circ}$
Sudut $KLN=(3(31)+15)^{\circ}$
Sudut $KLN=(93+15)^{\circ}$
Sudut $KLN=(93+15)^{\circ}$
Sudut $KLN=108^{\circ}$

Sudut pelurus $KLN$ yaitu $180^{\circ}-108^{\circ}=72^{\circ}$

Hasil selesai $72^{\circ}$ cocok pada pilihan balasan $(B)$

22. Suatu hari Ani menemukan sobekan koran yang memuat data pengunjung perpustakaan berupa gambar diagram batang sebagai berikut.
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Informasi yang ada pada koran tersebut memperlihatkan data pengunjung perpustakaan selama 5 hari. Ani ingin tau ingin tahu perihal banyak pengunjung pada hari Rabu. Tolong bantu Ani, berapa banyak pengunjung pada hari Rabu?
$(A)\ 55$ orang
$(B)\ 60$ orang
$(C)\ 65$ orang
$(D)\ 70$ orang
Alternatif Pembahasan:

Dari info yang disampaikan pada sobekan koran bahwa rata-rata pengunjung selama lima hari yaitu 41.

Dengan menerapkan hukum dalam menghitung rata-rata dan info pada soal, kesimpulan yang sanggup kita ambil adalah:
$\bar{x}=\frac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+x_{4}+x_{5}}{5}$
$41=\frac{x_{senin}+x_{selasa}+x_{rabu}+x_{kamis}+x_{Jumat}}{5}$
$41=\frac{45+40+x_{rabu}+30+20}{5}$
$41 \times 5=135+x_{rabu}$
$205=135+x_{rabu}$
$205-135=x_{rabu}$
$70=x_{rabu}$

Hasil selesai $70$ cocok pada pilihan balasan $(D)$

23. Perhatikan gambar berikut!
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Luas kawasan yang diarsir adalah...
$(A)\ 136\ m^{2}$
$(B)\ 163\ m^{2}$
$(C)\ 200\ m^{2}$
$(D)\ 236\ m^{2}$
Alternatif Pembahasan:

Luas yang diarsir pada soal yaitu luas dua buah segitiga, yaitu $[ABC]+[CDE]$

$[ABC]$ menyatakan luas segitiga $ABC$.

$[AFD]=[AFB]+[ABC]+[BCD]$
$[ABC]=[AFD]-[AFB]-[BCD]$
$[ABC]=\frac{FD \times 10}{2}-\frac{FB \times 10}{2}-\frac{16 \times 4}{2}$
$[ABC]=5FD -5FB -32$
$[ABC]=5(FD-FB)-32$
$[ABC]=5(16)-32$
$[ABC]=80-32=48$

$[BHE]=[BCD]+[CDE]+[DHE]$
$[CDE]=[BHE]-[BCD]-[DHE]$
$[CDE]=\frac{BH \times 15}{2}-\frac{16 \times 4}{2}-\frac{DH \times 15}{2}$
$[CDE]=7,5 BH -32-7,5 DH$
$[CDE]=7,5(BH-DH)-32$
$[CDE]=7,5(16)-32$
$[CDE]=120-32=88$

Luas yang diarsir yaitu $48+88=136$

Hasil selesai $48+88=136$ cocok pada pilihan balasan $(A)$

24. Diketahui fungsi $f(x)=-2x+3$. Nilai dari $f(a+5)$ adalah...
$(A)\ 2a+13$
$(B)\ 2a-7$
$(C)\ -2a-13$
$(D)\ -2a-7$
Alternatif Pembahasan:

Fungsi $f(x)=-2x+3$ yaitu sebuah fungsi dengan variabel $(\text{peubah})\ x$, fungsi sanggup kita rubah sesuai dengan variabel yang kita inginkan, misal:
$f(x)=-2x+3$; $f(m)=-2m+3$; $f(k)=-2k+3$; $f(abc)=-2abc+3$ $f(πŸ’—)=-2πŸ’—+3$; dan sebagainya.

Dengan memahami perubahan variabel fungsi diatas, maka kita sudah sanggup merubah variabel $x$ menjadi $a+5$.
$f(x)=-2x+3$
$f(a+5) =-2(a+5)+3$
$f(a+5) =-2a-10+3$
$f(a+5) =-2a-7$

Hasil selesai $-2a-7$ cocok pada pilihan balasan $(D)$

25. Sebuah kerucut mempunyai volume $50\ cm^{3}$. Jika diameter bantalan kerucut diperbesar 2 kali dan tingginya diperbesar 3 kali, maka volume kerucut yang gres adalah...
$(A)\ 300\ cm^{3}$
$(B)\ 600\ cm^{3}$
$(C)\ 900\ cm^{3}$
$(D)\ 1.800\ cm^{3}$
Alternatif Pembahasan:

Rumus berdiri ruang hingga Sekolah Menengah Pertama masih sanggup kita bagi menjadi 3 kategori;

  • Kelompok Prisma: $V= \text{Luas Alas} \times \text{Tinggi}$
  • Kelompok Limas: $V= \frac{1}{3} \times \text{Luas Alas} \times \text{Tinggi}$
  • Bola: $V= \frac{4}{3} \times \pi\ r^{3}$

Kerucut masuk kedalam kategori Limas;
$V= \frac{1}{3} \times \text{Luas Alas} \times \text{Tinggi}$
Misalkan:
$d_{o}:$ diameter mula-mula;
$t_{o}:$ tinggi mula-mula;
$V_{o}:$ Volume mula-mula;
$V_{o}= \frac{1}{3} \times \pi\ r_{o}^{2} \times t_{o}$

$50\ cm^{3}= \frac{1}{3} \times \pi\ (\frac{d_{o}}{2})^{2} \times t_{o}$
$50\ cm^{3}= \frac{1}{3} \times \frac{1}{4} \pi\ d_{o}^{2} \times t_{o}$
$50\ cm^{3}= \frac{1}{12} \times \pi\ d_{o}^{2} \times t_{o}$
$50\ cm^{3} \times 12= \pi\ d_{o}^{2} \times t_{o}$
$600\ cm^{3}= \pi\ d_{o}^{2} \times t_{o}$

Misalkan:
$d_{t}:$ diameter sesudah perubahan;
$t_{t}:$ tinggi sesudah perubahan;
$V_{t}:$ Volume sesudah perubahan;
$V_{t}= \frac{1}{3} \times \pi\ r_{t}^{2} \times t_{t}$

Karena diameter bantalan kerucut diperbesar 2 kali $(d_{t}=2d_{o})$ dan tingginya diperbesar 3 kali $(t_{t}=3t_{o})$, maka:
$V_{t}= \frac{1}{3} \times \pi\ r_{t}^{2} \times t_{t}$
$V_{t}= \frac{1}{3} \pi\ (\frac{d_{t}}{2})^{2} \times t_{t}$
$V_{t}= \frac{1}{3} \pi\ (\frac{2d_{o}}{2})^{2} \times 3t_{o}$
$V_{t}= \frac{1}{3} \pi\ d_{o}^{2} \times 3t_{o}$
$V_{t}= \frac{3}{3} \pi\ d_{o}^{2} \times t_{o}$
$V_{t}= 600\ cm^{3}$

Hasil selesai $600\ cm^{3}$ cocok pada pilihan balasan $(B)$

26. Diketahui segitiga dengan panjang sisi $a,\ b,$ dan $c$, dengan syarat $a > b > c$. Pernyataan yang benar sesuai dengan konsep segitiga adalah...
$(A)\ b+c > a$
$(B)\ a+c < b$
$(C)\ a+b < c$
$(D)\ a+b = c$
Alternatif Pembahasan:

Panjang sisi pada segitiga konsepnya memenuhi hukum "Jumlah dua panjang sisi segitiga harus lebih panjang dari sisi yang lain".
Secara simbolik sanggup kita tuliskan, kalau $a,\ b,\ c$ yaitu panjang sisi-sisi segitiga maka berlaku:

  • $a+b >c$,
  • $a+c > b$, dan
  • $b+c > a$

Hasil yang cocok pada pilihan balasan $(A)$

27. Sebuah kapal pesiar berlayar dari pelabuhan $A$ ke arah timur sejauh $80$ mil kemudian belok ke arah utara sejauh $150$ mil. Jarak terpendek pelabuhan $A$ dan posisi kapal pesiar kini adalah...
$(A)\ 161 \text{mil}$
$(B)\ 170 \text{mil}$
$(C)\ 225 \text{mil}$
$(D)\ 289 \text{mil}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk membantu kita dalam menghitung jarak kapal dari pelabuhan $A$ ke posisi kapal terakhir, mungkin kita sanggup menggambarkannya terlebih dahulu;

ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Dari apa yang sudah kita gambarkan diatas, jarak terdekat pelabuhan $A$ dengan posisi kapal yaitu $AU$.
Dengan menggunakan teorem phytagoras, kita simpulkan;
$AU^{2}=AT^{2}+TU^{2}$
$AU^{2}=80^{2}+150^{2}$
$AU=\sqrt{6400+22.500}$
$AU=\sqrt{28.900}$
$AU=170$

Hasil selesai $170 \text{mil}$ cocok pada pilihan balasan $(B)$


28. Perhatikan berdiri prisma trapesium siku-siku berikut!
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Luas permukaan berdiri adalah...
$(A)\ 1.320\ cm^{2}$
$(B)\ 1.340\ cm^{2}$
$(C)\ 1.420\ cm^{2}$
$(D)\ 1.440\ cm^{2}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung luas permukaan prisma, kita akan menghitung luas keenam berdiri yang membentuk prisma tersebut yaitu $[ABFE]$, $[DCGH]$, $[BCGF]$, $[BCGF]$, $[EFGH]$, dan $[ABCD]$. Tetapi ada cuilan prisma yang belum diketahui panjangnya yaitu $AE$.

ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Jika kita ambil titik $F'$ pada $AB$ sehingga $AE // FF'$ dan $AE = FF'$, maka berlaku;
$FF'^{2}=BF^{2}-BF'^{2}$
$FF'^{2}=17^{2}-8^{2}$
$FF'=\sqrt{289-64}$
$FF'=\sqrt{225}=15$

Luas permukaan prisma;
$ \begin{align}
L & =[ABFE]+[DCGH]+[ADHE]+[BCGF]+[EFGH]+[ABCD] \\
& = \frac{1}{2} (12+20) \times 15+\frac{1}{2} (12+20) \times 15+15 \times 15+15 \times 17+12 \times 15+ 15 \times 20 \\
& = 16 \times 15+16 \times 15+225+255+180+300 \\
& = 240 +240+225+255+180+ 300 \\
& = 1440
\end{align} $

Hasil selesai $1.440\ cm^{3}$ cocok pada pilihan balasan $(D)$

29. Pak Ujang sanggup menciptakan sebuah taman dalam waktu 60 hari, sedangkan pak Deni dalam waktu 90 hari. Jika pak Ujang dan pak Deni bekerja bersama-sama, mereka sanggup menuntaskan taman tersebut dalam waktu...
$(A)\ 30\ \text{hari}$
$(B)\ 36\ \text{hari}$
$(C)\ 75\ \text{hari}$
$(D)\ 150\ \text{hari}$
Alternatif Pembahasan:

Kita coba dengan $\text{Cara Buru-buru}$ kata pak Anang;

  • 60 hari pak Ujang sanggup menuntaskan 1 taman
  • 90 hari pak Deni sanggup menuntaskan 1 taman
Artinya dalam jangka waktu yg sama yaitu 540 hari $(\text{540: komisi pemberantasan korupsi 60 dan 90})$ pak Ujang sanggup menuntaskan 9 taman dan pak Deni 6 taman. Sehingga dalam 540 hari mereka berdua menuntaskan 15 taman.

Makara 1 taman selesai bersama-sama dalam $\frac{540}{15}=6\ \text{hari}$.

Kita coba dengan cara memahami soalnya,
  • Pak Ujang sanggup menuntaskan taman dalam 60 hari, artinya 1 hari sanggup selesai berapa bagian? $(\text{selesai}\ \frac{1}{60}\ \text{bagian})$,
  • Pak Deni sanggup menuntaskan taman dalam 90 hari, artinya 1 hari sanggup selesai berapa bagian? $(\text{selesai}\ \frac{1}{90}\ \text{bagian})$,
Pertanyaannya kalau dikerjakan bersamaan berapa hari sanggup selesai?

Hari ke-1: pak Ujang menuntaskan $\frac{1}{60}$ cuilan dan pak Deni menuntaskan $\frac{1}{90}$ bagian.
Jika digabung atau dihitung $(\frac{1}{60} + \frac{1}{90} = \frac{150}{5400}=\frac{1}{36}$ cuilan sanggup selesai di hari ke-1

Dengan cara yang sama di hari ke-2, sudah selesai $\frac{1}{36}+\frac{1}{36}=\frac{2}{36}$ bagian.
Hari ke-3, sudah selesai $\frac{2}{36}+\frac{1}{36}=\frac{3}{36}$ bagian.
Hari ke-4, sudah selesai $\frac{3}{36}+\frac{1}{36}=\frac{4}{36}$ bagian.
$\vdots$
dan seterusnya.

Pekerjaan dianggap selesai, kalau pekerjaan sudah selesai $\frac{36}{36}$ bagian.
Berdasarkan hanya $\frac{1}{36}$ cuilan yang sanggup di selesaikan dalam 1 hari, maka $\frac{36}{36}$ ini akan tercapai sesudah pekerjaan dilakukan selama $36$ hari.

Hasil selesai $36\ \text{hari}$ cocok pada pilihan balasan $(B)$

30. Perhatikan pernyataan berikut!
$I. 4x^{2}-9=(2x+3)(2x-3)$
$II. 2x^{2}+x-3=(2x-3)(x+1)$
$III. x^{2}+x-6=(x+3)(x-2)$
$IV. x^{2}+4x-5=(x-5)(x+1)$
Pernyataan yang benar adalah...
$(A)\ I\ \text{dan}\ II$
$(B)\ II\ \text{dan}\ III$
$(C)\ I\ \text{dan}\ III$
$(D)\ II\ \text{dan}\ IV$
Alternatif Pembahasan:

Untuk memastikan kebenaran pernyataan diatas, kita coba satu per satu.
$I.\ (2x+3)(2x-3)\\
= (2x)(2x)-(2x)(3)+(3)(2x)-(3)(3) \\
= 4x^{2}-6x+6x-9 \\
= 4x^{2}-9$

$II.\ (2x-3)(x+1)\\
= (2x)(x)+(2x)(1)-(3)(x)-(3)(1) \\
= 2x^{2}+2x-3x-3 \\
= 4x^{2}-x-3$

$III.\ (x+3)(x-2)\\
= (x)(x)-(x)(2)+(3)(x)-(3)(2) \\
= x^{2}-2x+3x-6 \\
= x^{2}+x-6$

$IV.\ (x-5)(x+1)\\
= (x)(x)+(x)(1)-(5)(x)-(5)(1) \\
= x^{2}+x-5x-5 \\
= x^{2}-4x-5$

Pernyataan yang benar pada soal yaitu $I$ dan $III$, hasil selesai ini cocok pada pilihan balasan $(C)$

31.
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Gambar berikut merupakan sketsa rumah Riri dengan skala $1:200$.
Luas rumah Riri gotong royong adalah...
$(A)\ 280\ m^{2}$
$(B)\ 322\ m^{2}$
$(C)\ 360\ m^{2}$
$(D)\ 364\ m^{2}$
Alternatif Pembahasan:

Skala $1:200$ pada gambar rumah artinya untuk $1\ \text{cm}$ setara dengan $200\ \text{cm}$.
Lebar rumah, $GD=3\ \text{cm}$, $DP=KM=2\ \text{cm}$. Total lebar rumah pada gambar yaitu $7\ \text{cm}$, sehingga lebar rumah yang gotong royong yaitu $7 \times 200\ \text{cm}=1.400\ \text{cm}=14\ \text{m}$.

Panjang rumah, $GD=3\ \text{cm}$, $RT=3\ \text{cm}$, $TRS=2,5\ \text{cm}$. Total panjang rumah pada gambar $TRS=11,5\ \text{cm}$, sehingga panjang rumah yang gotong royong yaitu $11,5 \times 200\ \text{cm}=2.300\ \text{cm}=23\ \text{m}$

$ \begin{align}
Luas rumah & = P \times L \\
& = 23 \times 14 \\
& = 322\ cm^{2} \\
\end{align} $

Hasil selesai $322\ cm^{2}$ cocok pada pilihan balasan $(B)$

32. Operasi "@" berarti kalikan bilangan pertama dengan 5, kemudian jumlahkan alhasil dengan 3 kali bilangan kedua.
Hasil dari $-7\ @\ 2$ adalah...
$(A)\ 4$
$(B)\ -29$
$(C)\ -64$
$(D)\ -112$
Alternatif Pembahasan:

Kalimat penting "Kalikan bilangan pertama dengan 5, kemudian jumlahkan alhasil dengan 3 kali bilangan kedua".
$ \begin{align}
-7\ @\ 2 & = -7 \times 5 + 3 \times 2 \\
& = -35 + 6 \\
& = -29
\end{align} $

Hasil selesai $-29$ cocok pada pilihan balasan $(B)$

33. Lama pembicaraan telepon [dalam menit] yang di lakukan oleh seorang pengusaha yaitu $7,\ 8,\ 10,\ 6,\ 6,\ 4,\ 5,\ 4,\ 5,\ 7,\ 9,\ 7$. Modus dan rata-rata dari pembicaraan tersebut berturut-turut adalah...
$(A)\ 7\ \text {dan}\ 6,5$
$(B)\ 7\ \text {dan}\ 6$
$(C)\ 6\ \text {dan}\ 6$
$(D)\ 6\ \text {dan}\ 6,5$
Alternatif Pembahasan:

Modus yaitu nilai data yang paling sering muncul atau nilai yang frekuensinya paling banyak, dari data $7,\ 8,\ 10,\ 6,\ 6,\ 4,\ 5,\ 4,\ 5,\ 7,\ 9,\ 7$ sudah kelihatan yang paling banyak yaitu $7$.

Untuk rata-rata kita gunakan;
$ \begin{align}
\bar{x} & =\frac{x_{1}+x_{2}+ \cdots +x_{11}+x_{12}}{12} \\
& =\frac{7+8+10+6+6+4+5+4+5+7+9+7}{12} \\
& =\frac{78}{12} \\
& =6,5
\end{align} $

Hasil selesai $7\ \text {dan}\ 6,5$ cocok pada pilihan balasan $(A)$

34. Hasil dari $2\sqrt{75}-3\sqrt{48}$ adalah...
$(A)\ -\sqrt{27}$
$(B)\ -2\sqrt{3}$
$(C)\ 2\sqrt{3}$
$(D)\ \sqrt{27}$
Alternatif Pembahasan:

$2\sqrt{75}-3\sqrt{48}$
$=2 \times \sqrt{25 \times 3}-3 \times \sqrt{16 \times 3}$
$=2 \times \sqrt{25} \times \sqrt{3}-3 \times \sqrt{16} \times \sqrt{3}$
$=2 \times 5 \times \sqrt{3}-3 \times 4 \times \sqrt{3}$
$=10 \sqrt{3}-12 \sqrt{3}$
$=-2 \sqrt{3}$

Hasil selesai $-2 \sqrt{3}$ cocok pada pilihan balasan $(B)$

35. Perhatikan gambar kubus berukut!
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Bidang diagonal yang tegak lurus dengan $BCHE$ adalah...
$(A)\ \text{bidang}\ ABGH$
$(B)\ \text{bidang}\ ADGF$
$(C)\ \text{bidang}\ CDEF$
$(D)\ \text{bidang}\ ACGE$
Alternatif Pembahasan:

Bidang diagonal yang tegak lurus dengan $BCHE$ yaitu $ADGF$.

Hasil selesai $ADGF$ cocok pada pilihan balasan $(B)$

36. "Lebar Sungai"
Andi ingin mengetahui lebar sungai. Di seberang sungai terdapat sebuah pohon. Untuk itu beliau menancapkan tongkat pada posisi A, B, C, dan D dengan ukuran menyerupai gambar.
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Andi ingin mengukur lebar sungai dari tongkat D hingga pohon. Berapa lebar sungai tersebut?
$(A)\ 11\ m$
$(B)\ 12\ m$
$(C)\ 15\ m$
$(D)\ 16\ m$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung lebar sungai dengan info yang ada pada soal, kita coba gunakan perbandingan sisi yang bersesuaian pada segitiga.

Kita misalkan lebar sungai yaitu $x$ dan posisi pohon yaitu $P$.
Dengan demikian kita peroleh 2 segitiga yang sebangun yaitu $\bigtriangleup ABP$ dan $\bigtriangleup DCP$.
$ \begin{array}
& \frac{AB}{DC} =\frac{AP}{DP} \\
& \frac{8}{6} = \frac{4+x}{x} \\
& 8x = 6(4+x) \\
& 8x = 24+6x \\
& 8x-6x = 24 \\
& 2x = 24 \\
& x = \frac{24}{2} \\
& x = 12
\end{array} $

Hasil selesai $12\ m$ cocok pada pilihan balasan $(B)$


37. Harga $3\ kg$ jeruk sama dengan $2\ kg$ apel. Jika harga $2\ kg$ jeruk dan $1\ kg$ apel $Rp70.000,00$, maka uang yang harus dibayar Tuti untuk membeli $5\ kg$ jeruk dan $3\ kg$ apel adalah...
$(A)\ Rp100.000,00$
$(B)\ Rp150.000,00$
$(C)\ Rp190.000,00$
$(D)\ Rp200.000,00$
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan instruksi untuk Jeruk $(J)$ dan instruksi untuk Apel $(A)$.
Dari info pada soal $3\ J=2\ A$,
$2\ J +1\ A=70.000$
$4\ J +2\ A=140.000$
$4\ J +3\ J=140.000$
$7\ J=140.000$
$J=\frac{140.000}{7}$
$J=20.000$

$2\ J +1\ A=70.000$
$2(20.000)+1\ A=70.000$
$1\ A=70.000-40.000$
$1\ A=30.000$

Yang harus dibayar Tuti untuk $5J+3A$ yaitu
$H_{T}=5(20.000)+3(30.000)$
$H_{T}=100.000+90.000$
$H_{T}=190.000$

Hasil selesai $Rp190.000,00$ cocok pada pilihan balasan $(C)$

38. Suatu barisan geometri mempunyai suku ke-2 dan suku ke-5 berturut-turut $-6$ dan $48$. Suku ke-10 dari barisan tersebut adalah...
$(A)\ 1,536$
$(B)\ 1,456$
$(C)\ -1.456$
$(D)\ -1.536$
Alternatif Pembahasan:

Masalah pada soal menyangkut perihal barisan geometri,
$U_{n}=ar^{n-1}$
$U_{2}=ar$
$-6=ar$

$U_{5}=ar^{4}$
$48=ar \times r^{3}$
$48=-6 \times r^{3}$
$r^{3}=\frac{48}{-6}$
$r^{3}=-8$
$r=\sqrt[3]{-8}$
$r=-2$

$-6=ar$
$-6=a(-2)$
$a=3$

$U_{10}=ar^{10-1}$
$U_{10}=(3)(-2)^{9}$
$U_{10}=(3)(-512)$
$U_{10}=-1.536$

Hasil selesai $-1.536$ cocok pada pilihan balasan $(D)$

39. Data rata-rata tinggi siswa perempuan 134 cm, rata-rata tinggi siswa laki-laki 145 cm. Jika banyak siswa 33 orang dan rata-rata tinggi seluruhnya 142 cm, maka banyak siswa laki-laki adalah...
$(A)\ 10\ \text{orang}$
$(B)\ 12\ \text{orang}$
$(C)\ 18\ \text{orang}$
$(D)\ 24\ \text{orang}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menuntaskan persoalan diatas kita coba gunakan hukum dalam menghitung rata-rata gabungan.
$\bar{x}_{gab}=\frac{\bar{x}_{1} \times n_{1}+\bar{x}_{2} \times n_{2}}{n_{1}+n_{2}}$
Jika ada tiga atau $n$ kelompok silahkan ditambahkan hingga berapa kelompok yang digabung.

$\bar{x}_{pw}=\frac{\bar{x}_{p} \times n_{p}+\bar{x}_{w} \times n_{w}}{n_{p}+n_{w}}$
$142=\frac{145 \times n_{p}+134 \times n_{w}}{33}$
$142 \times 33=145 \times n_{p}+134 \times (33-n_{p})$
$142 \times 33=145 \times n_{p}+134 \times 33- 134 \times n_{p}$
$142 \times 33-134 \times 33=145 \times n_{p}- 134 \times n_{p}$
$8 \times 33=145 \times n_{p}- 134 \times n_{p}$
$8 \times 33=11 \times n_{p}$
$n_{p}=\frac{8 \times 33}{11}$
$n_{p}=8 \times 3=24$

Hasil selesai $24$ cocok pada pilihan balasan $(D)$

40. Diketahui himpunan $A=\{a,\ b,\ c,\ d\}$ dan $B=\{7,\ 8,\ 9\}$. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan $A$ ke himpunan $B$ adalah...
$(A)\ 12$
$(B)\ 64$
$(C)\ 81$
$(D)\ 96$
Alternatif Pembahasan:

Jika $n(A)=a$ yaitu banyak anggota himpunan $A$ dan $n(B)=b$ yaitu banyak anggota himpunan $B$;

  • Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan $A$ ke himpunan $B$ yaitu $b^{a}$
  • Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan $B$ ke himpunan $A$ yaitu $a^{b}$

Apabila kita cocokkan dengan info pada soal, $n(A)=4$ dan $n(B)=3$.
Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan $A$ ke himpunan $B$ yaitu $3^{4}=81$

Hasil selesai $81$ cocok pada pilihan balasan $(C)$


Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras

Sebagai tambahan, Anda sanggup mendownload soal-soal latihan Ujian Nasional yang sudah dikelompokkan menurut indikator-indikator 300 soal latihan Ujian Nasional matematika SMP.

Jika tertarik untuk menyimpan catatan calon guru di atas dalam bentuk file (.pdf) silahkan di download pada link berikut ini:
  • Soal UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 πŸ‘€ Download
  • Soal dan Pembahasan UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 πŸ‘€ Download
Untuk saran yang sifatnya membangun terkait persoalan alternatif penyelesaian Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A) atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW.

Jangan Lupa Untuk Berbagi πŸ™Share is Caring πŸ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda πŸ’— Perkalian dikerjakan dengan cara piral (pintar bernalar);
ersiapan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal istil ✔ 40 Soal Simulasi UNBK Matematika Sekolah Menengah Pertama Tahun 2020 (*Soal dan Pembahasan Paket A)

Belum ada Komentar untuk "✔ 40 Soal Simulasi Unbk Matematika Smp Tahun 2020 (*Soal Dan Pembahasan Paket A)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel