✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama Yasop) - Sman 2 Balige 2008

 Seleksi Akademik Masuk Asrama YASOP SMAN  ✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008
Catatan calon guru yang kita diskusikan dikala ini akan membahas Soal Matematika Seleksi Akademik masuk Asrama Yayasan Soposurung (YASOP) Balige tahun 2008. Seleksi akademik masuk asrama Yayasan Soposurung Balige ialah seleksi tahap awal, selanjutnya akan ada beberapa tahapan seleksi, antara lain Psikologi, Kesehatan, Samapta dan dilanjutkan dengan Wawancara. Siswa yang dinyatakan lolos seleksi hingga tahap akhir, akan diterima untuk tinggal di asrama Yayasan Soposurung Balige dan bersekolah di SMAN 2 Balige.

Asrama Yayasan Soposurung (YASOP) Balige ialah salah satu yayasan yang konsisten dalam memajukan pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan di Sumatera Utara, sehingga setiap tahun siswa yang ikut seleksi masuk Asrama Yayasan Soposurung Balige selalu meningkat. Peminat yang ikut seleksi masuk Asrama Yayasan Soposurung (YASOP) Balige setiap tahun bukan hanya dari Sumatera Utara saja, tetapi dari banyak sekali provinsi yang ada di Indonesia.

Karena para siswa yang berminat masuk Asrama Yayasan Soposurung (YASOP) Balige berasal dari banyak sekali provinsi dan umumnya ialah para juara di kelas sewaktu SMP, sehingga seleksi masuk Asrama Yayasan Soposurung (YASOP) Balige ini menjadi tolak ukur SMP (SMP). Dengan kata lain "Jika siswa 'SMPN 2 Tarabintang' banyak masuk Asrama Yayasan Soposurung (YASOP) Balige maka dengan sendirinya 'SMPN 2 Tarabintang' ialah SMP favorit atau SMP unggulan di mata masyarakat.

Soal Seleksi Akademik masuk Asrama Yayasan Soposurung SMAN 2 Balige tiap tahun yang diujikan juga terus berkembang seiring dengan mengikuti perkembangan kurikulum dan teknologi.

Meskipun perkembangan kurikulum dan teknologi mempengaruhi perkembangan soal seleksi masuk Asrama Yayasan Soposurung (YASOP) Balige setiap tahun, tetapi aturan-aturan dasar atau teorema-teorema dalam mengerjakan soal secara umum masih sama, terkhusus dalam pelajaran matematika. Sehingga soal-soal yang sudah diujikan panitia Seleksi Akademik masuk Asrama Yayasan Soposurung pada tahun 2008 ini sangat baik dijadikan latihan dasar sebagai materi persiapan dan latihan dalam bernalar.

Mari kita diskusikan beberapa soal Seleksi Akademik Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige tahun 2008:
1. Jika $A$, $B$ dan $C$ ialah positif, dan $A \circledast B=\dfrac{A-B}{B}$, dan $C \oplus=C+3$, berapakah nilai yang menjadi hasil dari $(9 \oplus) \circledast 3$?
$\begin{align}
(A).\ & 3 \\
(B).\ & 9 \\
(C).\ & 5 \\
(D).\ & 15
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& (9 \oplus) \circledast 3 \\
& = (9+3) \circledast 3 \\
& = 12 \circledast 3 \\
& = \dfrac{12-(3) }{3} \\
& = \dfrac{9}{3}=3
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A).\ 3$

2. Jika nilai rata-rata $4$ orang ialah $85$, berapa nilai pelajar yang ke-$5$ semoga rata-rata yang gres menjadi $86$?
$\begin{align}
(A).\ & 86 \\
(B).\ & 88 \\
(C).\ & 87 \\
(D).\ & 90
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Rata-rata $\overline{x}$ untuk data tunggal sanggup kita hitung dengan cara
$\overline{x}=\dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+ \cdots+x_{n}}{n}$

Rata $4$ orang siswa ialah $85$
$\begin{align}
85 & = \dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+ x_{4}}{4} \\
85 \times 4 & = x_{1}+x_{2}+x_{3}+ x_{4} \\
340 & = x_{1}+x_{2}+x_{3}+ x_{4}
\end{align}$

Rata $5$ orang siswa ialah $86$
$\begin{align}
86=\dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+ x_{4}+x_{5}}{5} \\
86 \times 5=x_{1}+x_{2}+x_{3}+ x_{4}+x_{5} \\
430=340+x_{5} \\
430-340= x_{5} \\
90= x_{5}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D).\ 90$

3. Jika nilai $a$ sesudah dikurangkan dengan $5$ sama dengan nilai $b$, sesudah ditambahkan dengan $3$ maka berapakah nilai $a$ dinyatakan dalam $b$?
$\begin{align}
(A).\ & b+2 \\
(B).\ & b+4 \\
(C).\ & b+8 \\
(D).\ & b-1
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Nilai $a$ sesudah dikurangkan dengan $5$ sama dengan nilai $b$ sanggup kita tuliskan $a-5=b$.
Nilai $a$ sesudah ditambahkan dengan $3$ adalah:
$a-5+3=b$
$a-2=b$
$a=b+2$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A).\ b+2$

4. Pada tumpukan watu bata, banyak watu bata paling atas ada $8$ buah, tepat dibawahnya ada $10$ buah, dan seterusnya setiap tumpukan dibawahnya selalu lebih banyak $2$ buah dari tumpukan di atasnya. Jika $15$ tumpukan watu bata (dari atas hingga bawah), berapa banyak watu bata pada tumpukan paling bawah?
$\begin{align}
(A).\ & 36\ {buah} \\
(B).\ & 35\ {buah} \\
(C).\ & 40\ {buah} \\
(D).\ & 38\ {buah}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita tuliskan banyak watu bata setiap tumpukan ialah $8,\ 10,\ 12,\ 14,\cdots$
Barisan $8,\ 10,\ 12,\ 14, \cdots$ ialah barisan aritmatika dengan $a=8$ dan $b=2$.

Sehingga banyak watu bata pada susunan ke-$15$ ialah $U_{15}$ pada barisan aritmatika.
$U_{n}=a+(n-1)b$
$U_{15}=8+(15-1)2$
$U_{15}=8+(14)2$
$U_{15}=8+28$
$U_{15}=36$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A).\ 36\ {buah}$

5. Penyelesaian dari pertidaksamaan $\dfrac{1}{2} \left(2x-6 \right) \geq \dfrac{2}{3} \left(x-4 \right)$
$\begin{align}
(A).\ & x \geq -17 \\
(B).\ & x \geq -1 \\
(C).\ & x \geq 1 \\
(D).\ & x \geq 17 \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
\dfrac{1}{2} \left(2x-6 \right) & \geq \dfrac{2}{3} \left(x-4 \right)\ \ \ (\times 6)\\
3 \left(2x-6 \right) & \geq 4 \left(x-4 \right) \\
6x-18 & \geq 4x-16 \\
6x-4x & \geq -16+18 \\
2x & \geq 2 \\
x & \geq 1
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C).\ x \geq 1$

6. Setiap orang yang meminum obat $XYZ$ akan mengantuk. Setiap orang yang mengantuk akan tertidur dalam $1$ jam. Bila seseorang meminum obat $XYZ$, maka orang tersebut...
$(A).$ Akan mengantuk tapi tidak akan tertidur dalam $1$ jam.
$(B).$ Akan tertidur dalam $1$ jam.
$(C).$ Tidak akan mengantuk.
$(D).$ Tidak akan tertidur dalam $24$ jam.
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan keterangan pada soal, yaitu:

  • Setiap orang yang meminum obat $XYZ$ akan mengantuk.
  • Setiap orang yang mengantuk akan tertidur dalam $1$ jam
Jika seseorang minum obat $XYZ$ maka orang tersebut akan tertidur dalam $1$ jam

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B).$ Akan tertidur dalam $1$ jam.

7. Ada dua bilangan dimana bilangan yang satu bernilai $3$ kali bilangan yang lain. Bila jumlah kedua bilangan itu ialah $-60$, berapakah nilai bilangan yang terkecil diantara kedua bilangan tersebut?
$\begin{align}
(A).\ & -15 \\
(B).\ & -24 \\
(C).\ & -36 \\
(D).\ & -45
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan kedua bilangan itu ialah $m$ atau $n$, sehingga:
$m=3n$ dan $m+n=-60$
$3n+n=-60$
$4n=-60$
$n=-15$
$m=-45$
Bilangan terkecil diantara $-45$ atau $-15$ ialah $-45$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C).\ -45$

8. Seekor kadal mempunyai kepala dengan panjang $1\ cm$. Panjang ekor kadal tersebut ialah dua kali panjang kepala ditambah setengah panjang tubuhnya. Sementara panjang badan kadal tersebut ialah panjang kepala ditambah panjang ekornya. Berapa $cm$ panjang kadal tersebut?
$\begin{align}
(A).\ & 3 \\
(B).\ & 6 \\
(C).\ & 12 \\
(D).\ & 15
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

kepala: $k=1\ cm$
Ekor: $e=2k+\dfrac{1}{2}t$, $e=2+\dfrac{1}{2}t$
Tubuh: $t=k+e$,
$t=1+e$;
$t=1+2+\dfrac{1}{2}t$;
$t=3+\dfrac{1}{2}t$;
$\dfrac{1}{2}t=3$;
$t=6$;
Total panjang kadal ialah $1+6+5=12$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C).\ 12 $

9. Seorang ibu akan melaksanakan $4$ kali pembayaran hutang dengan banyaknya uang setiap pembayaran merupakan $3$ kali pembayaran sebelumnya. Jika total pembayaran ialah $Rp680.000,00$, maka berapakah pembayaran yang kedua?
$\begin{align}
(A).\ & 51.000,00 \\
(B).\ & 36.000,00 \\
(C).\ & 27.000,00 \\
(D).\ & 18.000,00
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Misal yang dibayar ibu pertama kali ialah $x$,
Pembayaran kedua $ 3x$
Pembayaran kedua $ 9x$
Pembayaran kedua $ 27x$
Total yang dibayarkan ialah $x+3x+9x+27x=40x$, dimana $40x=680.000$ sehingga $x=17.000$.

Pembayaran kedua $Rp3x=3 \times 17.000$ yaitu $51.000$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A).\ 51.000,00$


10. Jika $-2 \lt x \lt 2$ dan $3 \lt y \lt 8$ manakah diantara pernyataan dibawah ini yang mengatakan jangkauan dari semua nilai untuk $y-x$?
$\begin{align}
(A).\ & 5 \lt y-x \lt 6 \\
(B).\ & 1 \lt y-x \lt 5 \\
(C).\ & 1 \lt y-x \lt 10 \\
(D).\ & 5 \lt y-x \lt 10
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{array}{c|c|cc}
3 \lt y \lt 8 & \\
-2 \lt x \lt 2 & (-) \\
\hline
3+2 \lt y-x \lt 8-2 & \\
5 \lt y-x \lt 8 &
\end{array} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A).\ 5 \lt y-x \lt 8$

11. Bentuk paling sederhana dari $\dfrac{2x^{2}+5x-12}{4x^{2}-9}$ adalah...
$\begin{align}
(A).\ & \dfrac{x+4}{2x-3} \\
(B).\ & \dfrac{x-4}{2x+3} \\
(C).\ & \dfrac{x-4}{2x-3} \\
(D).\ & \dfrac{x+4}{2x+3}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& \dfrac{2x^{2}+5x-12}{4x^{2}-9} \\
& = \dfrac{(2x-3)(x+4)}{(2x-3)(2x+3)} \\
& = \dfrac{ (x+4)}{ (2x+3)}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D).\ \dfrac{x+4}{2x+3}$

12. Berapakah akar fungsi kudarat berikut ini?
$f(x)=4x^{2}-11x-3$
$\begin{align}
(A).\ & 4\ \text{dan}\ 3 \\
(B).\ & -1\ \text{dan}\ 3 \\
(C).\ & 1\ \text{dan}\ 3 \\
(D).\ & -\dfrac{1}{4}\ \text{dan}\ 3
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dengan cara memfaktorkan persamaan kuadrat kita sanggup pribadi mendapat akar-akarnya. Tetapi jikalau belum sanggup cepat kita sanggup cara berikut ini:
$\begin{align}
f(x) & = 4x^{2}-11x-3 \\
& = 4x^{2}-12x+x-3 \\
& = 4x(x-3)-x+3 \\
& = 4x(x-3)-(x-3) \\
& = (4x-1)(x-3)
\end{align}$
Akar-akarnya ialah $4x-1=0$ maka $x=\dfrac{1}{4}$ atau $x-3=0$ maka $x=3$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D).\ -\dfrac{1}{4}\ \text{dan}\ 3$

13. Bentuk baku dari $0,0000137$ dengan pembulatan hingga satu kawasan desimal adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 1,4 \times 10^{-5} \\
(B).\ & 1,3 \times 10^{-6} \\
(C).\ & 1,3 \times 10^{-5} \\
(D).\ & 1,4 \times 10^{-6} \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Penulisan bilangan berpangkat dalam bentuk baku (notasi ilmiah) yang sudah diakui tingkat internasional ialah $a \times 10^{n}$ dimana $1 \lt a \lt 10 $.

Untuk $0,0000137=1,37 \times 10^{-5}$.
Pembulatan hingga satu kawasan desimal ialah $1,4 \times 10^{-5}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A).\ 1,4 \times 10^{-5}$

14. Dalam sebuah kelas, $20$ murid mengikuti les Bahasa Inggris, $70$ murid mengikuti les Matematika, $8$ murid mengikuti kedua-duanya dan $15$ murid tidak mengikuti les apapun. Berapakah jumlah murid di kelas tersebut?
$\begin{align}
(A).\ & 97 \\
(B).\ & 121 \\
(C).\ & 90 \\
(D).\ & 105
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika warta pada soal kita sajikan dalam bentuk diagram venn, bentuknya kira-kira menyerupai berikut ini;

 Seleksi Akademik Masuk Asrama YASOP SMAN  ✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008
  • $20$ murid les $B$ dan $8$ diantaranya juga les $M$, jadi yang hanya les $B$ ialah $12$.
  • $70$ murid les $M$ dan $8$ diantaranya juga les $B$, jadi yang hanya les $M$ ialah $62$.
  • Murid tidak les $B$ dan tidak les $M$ ialah $15$
Banyak murid keseluruhan ialah $12+62+8+15$ yaitu $97$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A).\ 97$

15. Misalkan $y$ merupakan bilangan positif. Bila $y$ ditambahkan sebanyak $30 \%$ dari nilai awalnya. Kemudian dikurangi $40 \%$ dari nilai sesudah penambahan maka $y=\cdots$
$(A).$ Mengalami pengurangan sebesar $18 \%$ dari nilai awal.
$(B).$ Mengalami pengurangan sebesar $22 \%$ dari nilai awal.
$(C).$ Mengalami pengurangan sebesar $48 \%$ dari nilai awal.
$(D).$ Mengalami penambahan sebesar $10 \%$ dari nilai awal.
Alternatif Pembahasan:

Misalkan $y$ ialah bilangan positif
Bila $y$ ditambahkan sebanyak $30 \%=0,3$ dari nilai awalnya maka nilai dikala ini ialah $y+0,3y=1,3y$.

Kemudian dikurangi $40 \%=0,4$ dari nilai sesudah penambahan, maka nilai dikala ini ialah
$1,3y -0,4 \times 1,3y$
$=1,3y -0,4 \times 1,3y$
$=1,3y -0,52y $
$=0,78y$
Nilai dikala ini ialah $0,78y$ sehingga ada pengurangan dari nilai sebelumnya $y$ sebesar $0,22y$ atau $22 \%$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B).$ Mengalami pengurangan sebesar $22 \%$ dari nilai awal.

16. Perhatikan diagram berikut!
 Seleksi Akademik Masuk Asrama YASOP SMAN  ✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008
Relasi dari himpunan $A$ ke himpunan $B$ adalah...
$\begin{align}
(A).\ & \text{lebih dari} \\
(B).\ & \text{kurang dari} \\
(C).\ & \text{setengah dari} \\
(D).\ & \text{faktor dari}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

  • Anggota $(A)$ yaitu $1$ berelasi ke $(B)$ pada $2,\ 3,\ 4$
  • Anggota $(A)$ yaitu $2$ berelasi ke $(B)$ pada $2,\ 4$
  • Anggota $(A)$ yaitu $4$ berelasi ke $(B)$ pada $4$
Dari data di atas kekerabatan yang sanggup mewakili semua kekerabatan ialah "Faktor Dari"

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D).\ \text{faktor dari}$

17. Harga dua baju dan satu kaos $Rp170.000,00$ sedangkan harga satu baju dan tiga kaos $Rp185.000,00$. Harga tiga baju dan dua kaos adalah...
$\begin{align}
(A).\ & Rp265.000,00 \\
(B).\ & Rp275.000,00 \\
(C).\ & Rp305.000,00 \\
(D).\ & Rp320.000,00
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dengan memisalkan baju:$B$ dan kaos:$K$, maka kita peroleh persamaan sebagai berikut:
$\begin{array}{c|c|cc}
2B+1K=170.000 & (\times 1) \\
1B+3K=185.000 & (\times 2) \\
\hline
2B+1K=170.000 & \\
2B+6K=370.000 & (-) \\
\hline
-5K=-200.000 \\
K=40.000 & 2B+1K=170.000 \\
B=65.000 \\
\end{array} $
Harga tiga baju dan dua kaos ialah
$3(65.000)+2(40.000)=195.000+80.000$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B).\ Rp275.000,00$

18. Nilai puluhan dari sebuah bilangan yang terdiri dari dua digit ialah dua kali dari nilai satuannya. Jika bilangan tersebut dikurangi dengan hasil kali nilai puluhan dengan nilai satuannya maka alhasil akan mempunyai selisih $45$ lebih kecil dari asalnya. Berapakah bilangan tersebut...
$\begin{align}
(A).\ & 84 \\
(B).\ & 42 \\
(C).\ & 63 \\
(D).\ & 21 \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Misal bilangan itu ialah $MN$ maka $MN=10M+N$

  • Nilai puluhan ialah dua kali dari nilai satuannya, maka $M=2N$.
  • Bilangan tersebut dikurangi dengan hasil kali nilai puluhan dengan nilai satuannya maka alhasil akan mempunyai selisih $45$ lebih kecil dari asalnya, $MN- M \times N = MN-45$ maka $M \times N = 45$
Nilai $M$ dan $N$ yang memenuhi $M=2N$ dan $M \times N = 45$ ialah $63$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C).\ 63$


19. Nilai Matematika Yuli lebih tinggi dari nilai matematika Maya. Tetapi nilai MAtematika Nana lebih tinggi dari nilai Matematika Yuli. Bila diketahui nilai Matematika Ida lebih rendah dari nilai Matematika Yuli, pernyataan manakah dibawah ini yang niscaya benar?
$(A).$ Nilai Matematika Nana lebih rendah dibandingkan nilai Matematika Maya
$(B).$ Nilai Matematika Ida lebih tinggi dibandingkan nilai Matematika Maya
$(C).$ Tidak mungkin memilih nilai Matematika yang tertinggi antara Ida dan Maya.
$(D).$ Nilai Matematika Maya sama dengan nilai Matematika Ida.
Alternatif Pembahasan:

Kita coba data warta dari soal, sebagai berikut:

  • $Y \gt M$
  • $N \gt Y$
  • $I \lt Y$ atau $Y \gt I$
  • Gabungan dari data di atas $N \gt Y \gt M$ dan $Y \gt I$
(A): Nilai Nana lebih rendah dibandingkan nilai Maya, salah alasannya ialah $N \gt Y \gt M$.
(B): Nilai Ida lebih tinggi dibandingkan nilai Maya, belum tentu alasannya ialah data yang ada hanya $Y \gt I$ dan $Y \gt M$ jadi masih ada kemungkinan $M \gt I$, $M \lt I$ atau $M = I$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C).$ Tidak mungkin memilih nilai Matematika yang tertinggi antara Ida dan Maya.

20. Pada suatu sekolah, perbandingan antara guru dan murid ialah $1:9$. Bila dua pertiga dari semua murid di sekolah itu ialah wanita, dan seperempat dari jumlah guru ialah wanita, maka perbandingan anatra guru perempuan bersama murid perempuan dengan jumlah keseluruhan guru dan murid di sekolah itu adalah...
$\begin{align}
(A).\ & \dfrac{11}{24} \\
(B).\ & \dfrac{25}{56} \\
(C).\ & \dfrac{11}{12} \\
(D).\ & \dfrac{5}{8}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Perbandingan Guru $(G)$ dan Murid $(M)$ ialah $\dfrac{G}{M}=\dfrac{1}{9}$ maka $9G=1M$
Dua pertiga dari semua murid di sekolah itu ialah wanita, maka $\dfrac{2}{3}M=M_{w}$.
Seperempat dari semua guru di sekolah itu ialah wanita, maka $\dfrac{1}{4}G=G_{w}$.

Perbandingan anatra guru perempuan bersama murid perempuan dengan jumlah keseluruhan guru dan murid adalah
$\begin{align}
& \dfrac{M_{w}+G_{w}}{M+G} \\
& = \dfrac{\dfrac{2}{3}M+\dfrac{1}{4}G}{M+G} \\
& = \dfrac{\dfrac{2}{3}(9G)+\dfrac{1}{4}G}{9G+G} \\
& = \dfrac{6G+\dfrac{1}{4}G}{10G} \\
& = \dfrac{\dfrac{25}{4}G}{10G} \\
& = \dfrac{\dfrac{25}{4}}{10} \\
& =\dfrac{25}{40}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D).\ \dfrac{5}{8}$

21. Hasil $^{2}\textrm{log}\ 256\ - ^{3}\textrm{log}\ 243=\cdots$
$\begin{align}
(A).\ & 2 \\
(B).\ & 3 \\
(C).\ & 4 \\
(D).\ & 5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dengan memakai sifat-sifat logaritma kita peroleh:
$\begin{align}
^{a}\textrm{log}\ a^{n} & = n \\
^{2}\textrm{log}\ 256 & = ^{2}\textrm{log}\ 2^{8} \\
& =8 \\
^{3}\textrm{log}\ 243 & = ^{3}\textrm{log}\ 3^{5} \\
&=5
\end{align}$
Hasil $^{2}\textrm{log}\ 256 - ^{3}\textrm{log}\ 243=8-5=3$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B).\ 3$

22. Ketika berada di atas gedung, Wira melihat sebuah kendaraan beroda empat yang berada di kawasan parkir dengan sudut depresi $30^{\circ}$. Jika tinggi gedung $20\ m$, jarak kendaraan beroda empat dengan gedung adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 20\sqrt{3}\ \text{meter} \\
(B).\ & 20\ \text{meter} \\
(C).\ & 10\sqrt{3}\ \text{meter} \\
(D).\ & 10\ meter
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dengan memakai perbandingan trigonometri, dan gambar posisi Wira dengan kendaraan beroda empat kurang lebih menyerupai berikut ini;

 Seleksi Akademik Masuk Asrama YASOP SMAN  ✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008
Dari gambar posisi Wira diatas (*tinggi Wira kita abaikan alasannya ialah tidak ada disinggung), sanggup kita simpulkan;
$\begin{align}
tan\ 60^{\circ} & =\dfrac{jarak}{tinggi} \\
\sqrt{3} & =\dfrac{jarak}{20} \\
20\sqrt{3} & =jarak \\
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A).\ 20\sqrt{3}\ \text{meter}$

23. Diketahui $\left( R^{c}\right)\left( R^{d}\right)\left( R^{e}\right)= R^{-14}$. Bila $R \gt 0$ dan $c,d,e$ ialah bilangan lingkaran negatif, maka berapakah nilai $c$ terkecil yang paling memungkinkan...
$\begin{align}
(A).\ & -12 \\
(B).\ & -9 \\
(C).\ & -6 \\
(D).\ & -1
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari sifat-sifat bilangan berpangkat kita peroleh
$\begin{align}
a^{m} \times a^{n} & = a^{m+n} \\
R^{c} \times R^{d} \times R^{e} & = R^{-14} \\
R^{c+d+e} & = R^{-14}
\end{align}$
Karena $c,d,e$ ialah bilangan negatif dan $c+d+e=-14$ maka nilai $c$ terkecil ialah $-12$ dikala $d=-1$ dan $e=-1$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A).\ -12$

24 - 31: please wait or refresh page
 Seleksi Akademik Masuk Asrama YASOP SMAN  ✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008
32. Sebuah prisma dengan ganjal berbentuk belahketupat. Keliling ganjal $40\ cm$ dan panjang salah satu diagonalnya $12\ cm$. Jika tinggi prisma $15\ cm$, maka volume prisma adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 720\ cm^{3} \\
(B).\ & 1600\ cm^{3} \\
(C).\ & 1440\ cm^{3} \\
(D).\ & 3600\ cm^{3}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari warta pada soal, jikalau kita gambarkan ganjal prisma yaitu belahketupat dengan salah satu sisi $12\ cm$ dan keliling $40\ cm$ kurang lebih menyerupai berikut ini

 Seleksi Akademik Masuk Asrama YASOP SMAN  ✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008
Dari gambar warta yang sanggup kita ambil adalah
  • $AD=10$ dan $ED=6$ dengan memakai trypel pythagoras maka $AE=8$
  • Karena $AE=8$ maka $AC=16$
  • Luas $ABCD$ ialah
    $[ABCD]=\dfrac{AC \times BD}{2}$
    $[ABCD]=\dfrac{16 \times 12}{2}$
    $[ABCD]=96$
Volmue prisma ialah $V_{p}=[ABCD] \times t=96 \times 15=1440\ cm^{3}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B).\ 1440\ cm^{3}$

33. Diagram di bawah ini menggambarkan hobi $80$ siswa di suatu sekolah
 Seleksi Akademik Masuk Asrama YASOP SMAN  ✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008
Berapa banyak siswa yang hobi sepak bola...
$\begin{align}
(A).\ & 12 \\
(B).\ & 16 \\
(C).\ & 8 \\
(D).\ & 6
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari gambar diagram lingkaran di atas sudut untuk sepak bola ialah $360^{\circ}-36^{\circ}-72^{\circ}-72^{\circ}-126^{\circ}$ yaitu $54^{\circ}$.

Banyak siswa yang suka sepakbola ialah
$\dfrac{54^{\circ}}{360^{\circ}} \times 80$
$=\dfrac{3^{\circ}}{20^{\circ}} \times 80$
$=12$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A).\ 12$

34. Perhatikan tabel frekuensi beriktu ini
Nilai Frekuensi
3 1
4 4
5 6
6 8
7 7
8 8
9 4
10 2
Berapakah jumlah siswa yang mendapat nilai lebih dari rata-rata adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 14 \\
(B).\ & 35 \\
(C).\ & 29 \\
(D).\ & 21
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Rata-rata $\overline{x}$ untuk data tunggal sanggup kita hitung dengan cara
$\overline{x}=\dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+ \cdots+x_{n}}{n}$

Rata-rata data pada tabel adalah
$\begin{align}
\overline{x} & = \dfrac{x_{1} \times f_{1}+x_{2} \times f_{2}+\cdots+ x_{n} \times f_{n}}{\times f_{1}+\times f_{2}+\cdots+\times f_{n}} \\
& = \dfrac{3 \times 1+4 \times 4+5 \times 6+6 \times 8+7 \times 7+8 \times 8+9 \times 4+10 \times 2}{1+4+6+8+7+8+4+2} \\
& = \dfrac{3 +16+30+48+49+64+36+20}{40} \\
& = \dfrac{266}{40}=6,65
\end{align}$
Jumlah siswa yang nilainya di atas rata-rata ialah $7+8+4+2=21$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D).\ 21$

35. Lengkapi barisan berikut $3,\ 6,\ 12,\ 15,\ 30,\ 33,\ \cdots$
$\begin{align}
(A).\ & 36 \\
(B).\ & 66 \\
(C).\ & 99 \\
(D).\ & 38
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Barisan $3,\ 6,\ 12,\ 15,\ 30,\ 33,\ \cdots$ mempunyai contoh yang tersembunyi dan harus ditemukan sendiri. Pola bilangan yang umum dipelajari ialah barisan aritmatika, sedangkan barisan ini tidak termasuk barisan aritmatika.

Untuk menemukan contoh bilangan sangat dipengaruhi kecepatan dalam menghitung dan manipulasi alajabar dalam berhitung;
$u_{1}= 3\ \ \ (+3)$
$u_{2}= 6\ \ \ (\times2)$
$u_{3}= 12\ \ \ (+3)$
$u_{4}= 15\ \ \ (\times2)$
$u_{5}= 30\ \ \ (+3)$
$u_{6}= 33\ \ \ (\times2)$
$u_{7}= 66$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B).\ 66$

36. Lengkapi barisan berikut $3,\ 3,\ 6,\ 18,\ 72,\ 360,\ \cdots$
$\begin{align}
(A).\ & 2520 \\
(B).\ & 720 \\
(C).\ & 2160 \\
(D).\ & 1440
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Barisan $3,\ 3,\ 6,\ 18,\ 72,\ 360,\ \cdots$ mempunyai contoh yang tersembunyi dan harus ditemukan sendiri. Pola bilangan yang umum dipelajari ialah barisan aritmatika, sedangkan barisan ini tidak termasuk barisan aritmatika.

Untuk menemukan contoh bilangan sangat dipengaruhi kecepatan dalam menghitung dan manipulasi alajabar dalam berhitung;
$u_{1}= 3\ \ \ (\times1)$
$u_{2}= 3\ \ \ (\times2)$
$u_{3}= 6\ \ \ (\times3)$
$u_{4}= 18\ \ \ (\times4)$
$u_{5}= 72\ \ \ (\times5)$
$u_{6}= 360\ \ \ (\times6)$
$u_{7}= 2160$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C).\ 2160$


37. Berapakah nilai $a$ dan $b$ pada barisan berikut ini $2,\ 3,\ 4,\ 6,\ 8,\ 9,\ 16,\ a,\ b,$
$\begin{align}
(A).\ & 18\ \text{dan}\ 19 \\
(B).\ & 27\ \text{dan}\ 32 \\
(C).\ & 12\ \text{dan}\ 32 \\
(D).\ & 32\ \text{dan}\ 33 \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Barisan $2,\ 3,\ 4,\ 6,\ 8,\ 9,\ 16,\ a,\ b,$ mempunyai contoh yang tersembunyi dan harus ditemukan sendiri. Pola bilangan yang umum dipelajari ialah barisan aritmatika, sedangkan barisan ini tidak termasuk barisan aritmatika.

Untuk menemukan contoh bilangan sangat dipengaruhi kecepatan dalam menghitung dan manipulasi alajabar dalam berhitung;
$u_{1}= 2\ \ \ (=2^{1})$
$u_{2}= 3\ \ \ (+3)$
$u_{3}= 4\ \ \ (=2^{2})$
$u_{4}= 6\ \ \ (+3)$
$u_{5}= 8\ \ \ (=2^{3})$
$u_{6}= 9\ \ \ (+3)$
$u_{7}= 16\ \ \ (=2^{4})$
$u_{8}= 12\ \ \ (+3)$
$u_{7}= 32\ \ \ (=2^{5})$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C).\ 12\ \text{dan}\ 32$

38. Dalam suatu survey yang dilakukan terhadap $60$ orang, diperoleh warta bahwa $25$ orang berlangganan Newsweek, $26$ orang berlangganan Time, dan $26$ orang berlangganan Fortune. Diketahui juga bahwa $9$ orang berlangganan Newsweek dan Fortune, $11$ orang berlangganan Newsweek dan Time, $8$ orang berlangganan Time dan Fortune, dan $8$ orang tidak berlanggana majalag apapun. Berapa orangkah yang berlangganan ketiga majalah Newsweek, Time dan Fortune?
$\begin{align}
(A).\ & 2 \\
(B).\ & 3 \\
(C).\ & 4 \\
(D).\ & 5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika warta pada soal kita sajikan dalam bentuk diagram venn, bentuknya kira-kira menyerupai berikut ini;

 Seleksi Akademik Masuk Asrama YASOP SMAN  ✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008
  • $25$ orang langganan $N$, $9-x$ juga langganan $F$ dan $x$ orang juga langanan $F$ dan $T$. Jika kita tuliskan yang hanya langganan $N$ ialah $25-(11-x)-(9-x)-x=5+x$
  • $26$ orang langganan $T$, $8-x$ juga langganan $F$ dan $x$ orang juga langanan $F$ dan $N$. Jika kita tuliskan yang hanya langganan $F$ ialah $26-(8-x)-(9-x)-x=9+x$
  • $26$ orang langganan $F$, $8-x$ juga langganan $T$ dan $x$ orang juga langanan $T$ dan $N$. Jika kita tuliskan yang hanya langganan $T$ ialah $26-(8-x)-(11-x)-x=7+x$
  • Jumlah keseluruhan ialah
    $60=(5+x)+(9+x)+$$(7+x)+(8-x)+(9-x)$$+(11-x)+x+8$
    $60=49+x+8$
    $60=57+x$
    $3=x$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B).\ 3$


Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras

Jika tertarik untuk menyimpan catatan calon guru di atas dalam bentuk file (.pdf) silahkan di download pada link berikut ini:
  • Soal Seleksi Akademik Matematika Ujian Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008 πŸ‘€ Download
  • Soal dan Pembahasan Seleksi Akademik Matematika Ujian Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008 πŸ‘€ Download
  • Soal Asli Seleksi Akademik Matematika Ujian Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008 πŸ‘€ Download

Semoga Bermanfaat dan pembahasan Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008 di atas masih jauh dari sempurna, jadi jikalau ada masukan yang sifatnya membangun terkait dilema alternatif penyelesaian atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi πŸ™Share is Caring πŸ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Cara Pilar (Pintar Bernalar) Perkalian Dua Angka Ciri Puluhan Sama dan Jumlah Satuan 10;
 Seleksi Akademik Masuk Asrama YASOP SMAN  ✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama YASOP) - SMAN 2 Balige 2008

Belum ada Komentar untuk "✔ Soal Seleksi Akademik Masuk Asrama Yayasan Soposurung (Asrama Yasop) - Sman 2 Balige 2008"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel