✔ Syarat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Gres Pkn Stan 2020
SYARAT SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PKN STAN 2020 |
SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU SPESIALISASI
DIPLOMA I DAN DIPLOMA III POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN TAHUN 2020
UNTUK GALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN KEUANGAN DAN
NON-KEMENTERIAN KEUANGAN
DIPLOMA I DAN DIPLOMA III POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN TAHUN 2020
UNTUK GALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN KEUANGAN DAN
NON-KEMENTERIAN KEUANGAN
Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/225/M.SM.01.00/2020 perihal Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/Siswi PKN STAN Tahun Anggaran 2020, Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) akan mendapatkan putra-putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada PKN STAN dengan alokasi setiap spesialisasi sebagai berikut:
A. KRITERIA PESERTA
Kebutuhan dari maslng-masing spesialisasi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria:
1. Program Reguler ialah agenda penerimaan mahasiswa gres dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi deretan pegawai Kementerian Keuangan dan Non- Kementerian Keuangan.
2. Program Afirmasi ialah agenda penerimaan mahasiswa gres yang dikhususkan untuk putra-putri dari Propinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi deretan pegawai Kementertan Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut.
Kebutuhan dari maslng-masing spesialisasi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria:
1. Program Reguler ialah agenda penerimaan mahasiswa gres dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi deretan pegawai Kementerian Keuangan dan Non- Kementerian Keuangan.
2. Program Afirmasi ialah agenda penerimaan mahasiswa gres yang dikhususkan untuk putra-putri dari Propinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi deretan pegawai Kementertan Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut.
B. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
1. Lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2020) semua sekolah menengah atas atau yang sederajat.
2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
a. Untuk lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, mempunyai rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
b. Untuk calon lulusan tahun 2020, mempunyai nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas Xli) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan
skala 4,00, dengan ketentuan pada dikala registrasi ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan mempunyai rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2020 ialah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1998 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2020 ialah 17 tahun bagi peserta yang menentukan Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang menentukan Spesialisasi Diploma III.
4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika. dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah;
a. bisa melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
b. bisa melaksanakan kiprah ibarat menganalisa, mengetik, memberikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
c. bisa bergerak tanpa memakai alat bantu berjalan atau dengan menggunakan
alat bantu berjalan seiain bangku roda.
5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
6. Khusus Spesialisasi Kepabeanan dan Cukal ditambahkan syarat sebagai berikut:
a. Jenis kelamin dan tinggi badan:
1) Spesialisasi Diploma 1:
- Laki-laki tinggi tubuh minimal 165 cm;
- Perempuan tinggi tubuh minimal 155 cm;
2) Spesialisasi Diploma 111:
- Berjenis kelamin pria dengan tinggi tubuh minimal 165 cm;
b. Tidak cacat badan;
c. Tidak buta warna; dan
d. Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindrls sanggup diberikan toleransi maksimal hingga ukuran 2 dioptri.
7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
a. dicalonkan oleh SMA/SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA mencalonkan hanya 1 (satu) siswa terbaiknya; dan
b. telah menuntaskan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara TImur atau mempunyai garis keturunan orang bau tanah (ayah atau ibu kandung) orisinil wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
1. Lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2020) semua sekolah menengah atas atau yang sederajat.
2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
a. Untuk lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, mempunyai rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
b. Untuk calon lulusan tahun 2020, mempunyai nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas Xli) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan
skala 4,00, dengan ketentuan pada dikala registrasi ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan mempunyai rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2020 ialah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1998 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2020 ialah 17 tahun bagi peserta yang menentukan Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang menentukan Spesialisasi Diploma III.
4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika. dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah;
a. bisa melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
b. bisa melaksanakan kiprah ibarat menganalisa, mengetik, memberikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
c. bisa bergerak tanpa memakai alat bantu berjalan atau dengan menggunakan
alat bantu berjalan seiain bangku roda.
5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
6. Khusus Spesialisasi Kepabeanan dan Cukal ditambahkan syarat sebagai berikut:
a. Jenis kelamin dan tinggi badan:
1) Spesialisasi Diploma 1:
- Laki-laki tinggi tubuh minimal 165 cm;
- Perempuan tinggi tubuh minimal 155 cm;
2) Spesialisasi Diploma 111:
- Berjenis kelamin pria dengan tinggi tubuh minimal 165 cm;
b. Tidak cacat badan;
c. Tidak buta warna; dan
d. Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindrls sanggup diberikan toleransi maksimal hingga ukuran 2 dioptri.
7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
a. dicalonkan oleh SMA/SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA mencalonkan hanya 1 (satu) siswa terbaiknya; dan
b. telah menuntaskan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara TImur atau mempunyai garis keturunan orang bau tanah (ayah atau ibu kandung) orisinil wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
8. Menyetor biaya registrasi sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar menurut PP Nomor 63 Tahun 2020 perihal Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
9. Pendaftar tidak pernah terdaftar sebagai mahasiswa di PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
9. Pendaftar tidak pernah terdaftar sebagai mahasiswa di PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
C. TATA CARA PENDAFTARAN
1. Tahapan registrasi meliputi:
a. Registrasi peserta dan pemilihan sekolah kedlnasan: PKN STAN melalui portal http://sscndikdin.bkn.QO.ld pada tanggal 9-30 April 2020. Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, make yang bersangkutan dinyatakan gugur;
b. Pengisian formulir registrasi online {e-registration) melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id pada tanggal 9-30 April 2020 yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
1) Login dengan memakai username dan password yang didaftarkan pada portal http://sscndikdin.bkn.ao.id:
2) Mengisi data pilihan unit penempatan (Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan);
3) Mengisi data pilihan spesiaiisasi;
4) Mengisi formulir registrasi online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta perempuan yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan (ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun 2020 mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang;
5) Mengunci data dan mendapatkan isyarat MVA {Mandiri Virtual Account)]
6) Menyetor biaya registrasi sesuai dengan ketentuan; dan
7) Mengunduh dan mencetak Bukti Peserta Ujian (BPU).
1. Tahapan registrasi meliputi:
a. Registrasi peserta dan pemilihan sekolah kedlnasan: PKN STAN melalui portal http://sscndikdin.bkn.QO.ld pada tanggal 9-30 April 2020. Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, make yang bersangkutan dinyatakan gugur;
b. Pengisian formulir registrasi online {e-registration) melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id pada tanggal 9-30 April 2020 yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
1) Login dengan memakai username dan password yang didaftarkan pada portal http://sscndikdin.bkn.ao.id:
2) Mengisi data pilihan unit penempatan (Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan);
3) Mengisi data pilihan spesiaiisasi;
4) Mengisi formulir registrasi online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta perempuan yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan (ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun 2020 mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang;
5) Mengunci data dan mendapatkan isyarat MVA {Mandiri Virtual Account)]
6) Menyetor biaya registrasi sesuai dengan ketentuan; dan
7) Mengunduh dan mencetak Bukti Peserta Ujian (BPU).
2. Calon peserta Program Afirmasi mengunggah komplemen dokumen sebagai berikut:
a. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMU/SLTA dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA hanya mencalonkan 1 (satu) siswa terbaiknya ;
b. Ijazah SO dan Ijazah Sekolah Menengah Pertama atau Akta Kelahiran, KTP ayah atau ibu kandung, dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa.
3. Calon peserta melaksanakan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Periode pembayaran ialah 9 April - 3 Mei 2020;
b. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id) dengan memakai MVA;
c. Sebelum melaksanakan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak sanggup diminta kembali dengan alasan apapun;
d. Calon peserta yang telah melaksanakan pengisian formulir registrasi online {e-reglstration) dan telah melaksanakan pembayaran di bank pada periode penyetoran, sanggup mengunduh Bukti Peserta Ujian (BPU) melalui situs http://spmb.pknstan.ac.id dan mencetaknya di kertas HVS warna putih ukuran A4;
4. Peserta yang telah mengunduh BPU menempeikan pas foto berwarna terbaru ukuran 4 X6 cm (berlatar beiakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta perempuan yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos) pada kawasan yang telah disediakan di BPU. Pas foto yang ditempel harus sama dengan yang diunggah pada dikala registrasi online.
5. Panduan registrasi secara lengkap sanggup dilihat pada situs http://www.kemenkeu.qo.id., http://www.bppk.kemenkeu.qo.id., dan http://www.pknstan.ac.id.
Demikian isu mengenai artikel yang berjudul SYARAT SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PKN STAN 2020. Terima kasih, agar sanggup bermanfaat untuk semua.
Perhatian: Sebelum menutup Artikel "SYARAT SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PKN STAN 2020” ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memperlihatkan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan bahagia hati untuk meresponnya.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...
Sekian dari kami agar bermanfaat, salam Pendidikan…
Belum ada Komentar untuk "✔ Syarat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Gres Pkn Stan 2020"
Posting Komentar