✔ Perihal Bilangan Irasional, Siswa Ini Membutuhkan Pinjaman Anda
Salah satu manfaat nge-blog atau media umum yang kita gunakan ialah kita sanggup saling membuatkan pengalaman atau bertukar pendapat untuk suatu problem tertentu. Salah seorang rekan guru matematika yang menerima pengalaman berharga dari pertanyaan siswa yang kreatifnya mencoba membagikan pengalamannya pada media umum beberapa waktu lalu.
Mari kita simak alur permasalahan yang muncul dari awal;
Seorang siswa mencermati suatu segitiga siku-siku sama kaki yang panjang sisi siku-sikunya ialah 1 satuan. Kemudian dengan memakai rumus pythagoras, ia memperoleh panjang sisi miringnya ialah akar 2. Dia kemudian mencoba mengukur panjang sisi miring segitiga tersebut dengan sepotong lidi dengan maksud untuk membandingkannya.
Seorang guru matematika pernah memberikan pada siswa tersebut bahwa, akar 2 ialah bilangan irasional, yang mana kalau di ubah kedalam bentuk desimal maka banyak angka desimalnya tidak berpola, tidak berulang dan terus bertambah tanpa henti.
Kemudian siswa ini bertanya pada gurunya,katanya "Pak, panjang sisi miring segitiga ini segini (sambil memberikan sepotong lidi tadi), tapi mengapa hasil penghitungan, merupakan bilangan irasional yang desimalnya terus bertambah tanpa henti, bukankah kalau begitu harusnya bertambah panjang?".
Bapak guru tersenyum puas dengan pertanyaan siswanya tersebut..:)
Sebagai tambahan, mari kita simak video guru yang super kreatif ini, mengerjakan perkalian jadi kreatif;
Mari kita simak alur permasalahan yang muncul dari awal;
Seorang siswa mencermati suatu segitiga siku-siku sama kaki yang panjang sisi siku-sikunya ialah 1 satuan. Kemudian dengan memakai rumus pythagoras, ia memperoleh panjang sisi miringnya ialah akar 2. Dia kemudian mencoba mengukur panjang sisi miring segitiga tersebut dengan sepotong lidi dengan maksud untuk membandingkannya.
Seorang guru matematika pernah memberikan pada siswa tersebut bahwa, akar 2 ialah bilangan irasional, yang mana kalau di ubah kedalam bentuk desimal maka banyak angka desimalnya tidak berpola, tidak berulang dan terus bertambah tanpa henti.
Kemudian siswa ini bertanya pada gurunya,katanya "Pak, panjang sisi miring segitiga ini segini (sambil memberikan sepotong lidi tadi), tapi mengapa hasil penghitungan, merupakan bilangan irasional yang desimalnya terus bertambah tanpa henti, bukankah kalau begitu harusnya bertambah panjang?".
Bapak guru tersenyum puas dengan pertanyaan siswanya tersebut..:)
Jika Anda yang menjadi guru matematika anak tersebut, balasan apa yang akan Anda berikan kepada anak tersebut?Mari berdiskusi atau berpendapat, dan balasan bapak ibu guru sangat membantu para guru.
Sebagai tambahan, mari kita simak video guru yang super kreatif ini, mengerjakan perkalian jadi kreatif;
Belum ada Komentar untuk "✔ Perihal Bilangan Irasional, Siswa Ini Membutuhkan Pinjaman Anda"
Posting Komentar