✔ Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan

Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan ✔ Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai PecahanMat disini ada beberapa gambar pecahan, tetapi teman-teman saya tampaknya masih salah dalam menarik kesimpulan dari gambar yang ada, bagaimana menurtmu Mat, kata Tika.

Penarikan kesimpulan dari gambar tampaknya masuk nalar iya, kata Mat yang mulai mencoba menganalisis kenapa penarikan kesimpulan masih kurang tepat.

Siswa tidak memahami dengan benar konsep pecahan sudah niscaya iya, kalau sudah paham niscaya hal itu tidak terjadi. Kita mulai dari arti pecahan,
Pecahan ialah sebagai bab dari suatu keseluruhan dan keseluruhan itu terdiri atas bagian-bagian yang sama [identik], atau pecahan sebagai bab yang berukuran sama dari yang utuh atau keseluruhan.

Misal, Sebuah apel dipotong menjadi dua potong yang identik [sama persis] sehingga diperoleh dua potong apel yang sama besar. Besarnya satu potong apel itu disebut sebagai setengah atau satu perdua ditulis $\frac{1}{2}$, $\frac{1}{2}$ yang mewakili ukuran dari masing-masing potongan.

Sedangkan kalau sebuah apel dipotong menjadi tiga potong yang identik [sama persis] sehingga diperoleh tiga potong apel yang sama besar. Besarnya satu potong apel itu disebut sebagai sepertiga atau satu pertiga ditulis $\frac{1}{3}$, $\frac{1}{3}$ yang mewakili ukuran dari masing-masing potongan. Dan seterusnya, ini juga berlaku kalau sebuah apel dibagi lagi dalam beberapa potong yang identik [sama persis].

Makara dalam makna bekerjsama atau dalam kehidupan sehari-hari setengah apel tidak sama dengan setengah durian atau dalam bilangan cacah tiga apel tidak sama dengan tiga durian.

Pada gambar 1, Kesalahan pemahaman siswa ialah membandingkan dua nilai pecahan dari dua objek yang berbeda [keseluruhan yang berbeda] sehingga kesimpulan yang diambil kurang tepat. Contoh lain contohnya ibarat yang disebutkan diatas yaitu kalau dibanding setengah apel dengan setengah durian maka yang paling besar ialah setengah durian.

Pada gambar 2, Kesalahan pemahaman siswa hanya alasannya ialah melihat dari bentuk objek yang dilihat tidak sama sehingga disimpulkan tidak sama. Jika diperhatikan pada gambar sudah sesuai dengan konsep pecahannya yaitu bab yang berukuran sama dari yang utuh atau keseluruhan sehingga $\frac{1}{3}$ diambil dari keseluruhan yang sama sudah benar.

Untuk menguatkan siswa bahwa siSwa yang menyimpulkan hal ibarat ini salah, sanggup ditambah dengan menciptakan persegi panjang dengan kotak-kotak kecil sehingga siswa sanggup menghitung banyak kotak-kotak kecil pada $\frac{1}{3}$ pertama sama dengan $\frac{1}{3}$ kedua walaupun bentuknya tidak sama tetapi alasannya ialah berasal dari keseluruhan yang sama maka nilai $\frac{1}{3}$ itu ialah sama.

Pada gambar 3, Kesalahan pemahaman siswa yaitu tidak memperhatikan objek yang dibagi menjadi terdiri atas bagian-bagian yang sama. Pembagian pada segitiga menjadi tiga bab yang tidak sama, menyebabkan kesalahan dalam penarikan kesimpulan bahwa satu bab dari tiga pada segitiga ialah $\frac{1}{3}$ . Sebagai embel-embel kalau hal ini dianggap belum dewasa benar, maka pendapat ini juga akan menguatkan pendapat gambar yang kedua yaitu $\frac{1}{3}$ tidak sama dengan $\frac{1}{3}$, alasannya ialah luas kawasan tidak sama.

Kira-kira ibarat itu analisisnya Tika, mudah-mudahan sanggup dimengerti, tutup Mat.

Ok, nanti saya kasih tahu sama temanku hasil diskusi kita ini, mudah-mudahan juga ia sanggup memahami bahasa kita yang sederhana ini.

Selagi kita membahas wacana pecahan nich, potong Ema, ini ada juga problem wacana pecahan yaitu Tentukan hasil dari $5\frac{7}{8} \times 3\frac{3}{7}$ dengan memakai ilustrasi gambar!

Kira-kira ada wangsit tidak, bagaimana kita menghitungnya dengan memakai gambar, saya bisanya hanya dengan hitungan biasa, yaitu:
$5\frac{7}{8} \times 3\frac{3}{7}$
$=\frac{47}{8} \times \frac{24}{7}$
$=\frac{47 \times 24}{8 \times 7}$
$=\frac{47 \times 3}{1 \times 7}$
$=\frac{141}{7}$
$=20\frac{1}{7}$

Kalau dengan gambar, bagaimana kita coba dengan memakai persegi-persegi dan pemberian konsep luas, balas Tika, kalau $5\frac{7}{8} \times 3\frac{3}{7}$ kira-kira gambarnya ibarat ini;
Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan ✔ Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan
Lalu masing-masing bidang kita berik keterangan luas uuntuk tiap daerah, kira-kira gambarnya ibarat berikut:
Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan ✔ Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan
Jika kawasan yang dibatasi $5\frac{7}{8}$ dan $3\frac{3}{7}$ kita hitung, kira-kira gambarnya ibarat berikut ini:
Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan ✔ Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan
Dari gambar diatas tinggal kita hitung luas kawasan keseluruhan yaitu:
$5\frac{7}{8} \times 3\frac{3}{7}$
$=15+5 \times \frac{3}{7}+ 3 \times \frac{7}{8}+\frac{7}{8} \times \frac{3}{7}$
$=15+\frac{15}{7}+ \frac{21}{8}+\frac{21}{56}$
$=15+\frac{120}{56}+ \frac{147}{56}+\frac{21}{56}$
$=15+\frac{120+147+21}{56}$
$=15+\frac{288}{56}$
$=15+\frac{36}{7}$
$=15+5\frac{1}{7}$
$=20 \frac{1}{7}$
Benar, benar akhirnya sama, kata Ema, mudah-mudahan ini sanggup membantu teman-teman yang menanyakan hal ini. Sekarang kita sudah sanggup istirahat dulu iya, besok kita lanjutkan kembali diskusinya.

Sebagai embel-embel coba dibaca-baca juga wacana pecahan lainnya, yaitu:

Jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait problem Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan, silahkan disampaikan, kami dengan bahagia hati segera menanggapinya😊😊.

Jika Bermanfaat👌 Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring👀

Video pilihan khusus untuk Anda 😂 Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif;
Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan ✔ Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan

Belum ada Komentar untuk "✔ Beberapa Kesalahan Dasar Dalam Memahami Nilai Pecahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel