✔ Matematika Smp: Berguru Bentuk Akar (*Soal Dan Pembahasan)

 Dengan bahasa sederhana disampaikan bahwa bentuk akar yakni akar dari bilangan rasional  ✔ Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan)Belajar Matematika Dasar Bentuk Akar. Dengan bahasa sederhana disampaikan bahwa bentuk akar yakni akar dari bilangan rasional yang alhasil bilangan irasional.

contoh: $\sqrt{5}$, $\sqrt{7}$, $\sqrt{17}$, $\cdots$ yakni betuk akar alasannya yakni alhasil berupa bilangan irasional.

Sedangkan $\sqrt{9}$, $\sqrt{16}$, $\sqrt{36}$, $\dots$ bukan bentuk akar alasannya yakni alhasil yakni bilangan rasional.

Beberapa topik matematika yang dipelajari pada dingklik Sekolah Menengah Pertama atau SMA, diantaranya adalah;

Penjumlahan Bentuk Akar

Penjumlahan bentuk akar konsepnya sama dengan penjumlahan yang lain, yaitu yang sanggup dijumlahkan yakni yang sejenis. Bentuk akar yang dijumlahkan yakni adalah bentuk akar yang sejenis.
  • $a \sqrt[n]{m}+b \sqrt[n]{m}=\left (a+b \right )\sqrt[n]{m}$
  • $a \sqrt{m}+b \sqrt{m}=\left (a+b \right )\sqrt{m}$
contoh :
  1. $\sqrt{a}+\sqrt{a}=2\sqrt{a}$
  2. $2\sqrt{b}+3\sqrt{b}=5\sqrt{b}$
  3. $4\sqrt{5}+\sqrt{5}=5\sqrt{5}$
  4. $7\sqrt{6}+2\sqrt{6}=9\sqrt{6}$

Pengurangan Bentuk Akar

Pengurangan bentuk akar konsepnya sama dengan penjumlahan, yaitu yang sanggup dikurangkan yakni yang sejenis. Bentuk akar yang dikurangkan yakni adalah bentuk akar yang sejenis.
  • $a \sqrt[n]{m}-b \sqrt[n]{m}=\left (a-b \right )\sqrt[n]{m}$
  • $a \sqrt{m}-b \sqrt{m}=\left (a-b \right )\sqrt{m}$
contoh :
  1. $\sqrt{a}-\sqrt{a}=0$
  2. $2\sqrt{b}-3\sqrt{b}=-\sqrt{b}$
  3. $4\sqrt{5}-\sqrt{5}=3\sqrt{5}$
  4. $7\sqrt{6}-2\sqrt{6}=5\sqrt{6}$

Perkalian Bentuk Akar

Perkalian bentuk akar konsepnya yakni dengan mengalikan bilangan atau variabel yang diluar akar dengan yang diluar akar dan mengalikan yang didalam akar dengan yang didalam akar. Dengan catatan jenis akarnya masih sejenis, contohnya akar pangkat 2 dengan akar pangkat 2 atau akar pangkat n dengan akar pangkat n yakni pola akar yang sejenis.
  • $a \sqrt[n]{p} \times b \sqrt[n]{q}=\left (a \times b \right )\sqrt[n]{p \times q}$
  • $a \sqrt{p} \times b \sqrt{q}=\left (a \times b \right )\sqrt{p \times q}$
contoh:
  1. $a \sqrt{b} \times c\sqrt{d}=ac\sqrt{bd}$
  2. $m \sqrt{n} \times x\sqrt{y}=mx\sqrt{ny}$
  3. $3 \sqrt{5} \times 2\sqrt{3}=6\sqrt{15}$
  4. $\sqrt{2} \times 3\sqrt{6}=3\sqrt{12}=3\sqrt{12}$
Untuk soal nomor 4 diatas bentuk $3\sqrt{12}$ masih sanggup disederhanakan menjadi;
$3\sqrt{12}=3\sqrt{4 \times 3}=3 \sqrt{4} \times \sqrt{3}=6 \sqrt{3}$

Pembagian Bentuk Akar

Pembagian bentuk akar konsepnya sama dengan perkalian bentuk akar yaitu dengan membagikan yang didalam akar dengan yang didalam akar dan membagikan yang didalam akar dengan yang didalam akar. Tetap memperhatikan akarnya masih sejenis, contohnya akar pangkat 3 dengan akar pangkat 3 atau akar pangkat n dengan akar pangkat n yakni pola akar yang sejenis
  • $\dfrac{p\sqrt[n]{a}}{q\sqrt[n]{b}}=\dfrac{p}{q}\sqrt[n]{\dfrac{a}{b}}$
  • $\dfrac{p\sqrt{a}}{q\sqrt{b}}=\dfrac{p}{q}\sqrt{\dfrac{a}{b}}$
contoh:
  1. $\dfrac{6\sqrt{6}}{3\sqrt{2}}=\dfrac{6}{3}\sqrt{\dfrac{6}{2}}=2\sqrt{3}$
  2. $\dfrac{p\sqrt{a}}{q\sqrt{a}}=\dfrac{p}{q}\sqrt{\dfrac{a}{a}}=\dfrac{p}{q}$
  3. $\dfrac{\sqrt{18}}{\sqrt{2}}=\sqrt{\dfrac{18}{2}}=\sqrt{9}=3$
  4. $\dfrac{5\sqrt{2}}{3\sqrt{5}}=\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}$
Untuk soal nomor 4 diatas bentuk $\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}$ masih sanggup disederhanakan dengan istilah merasionalkan penyebut, caranya:
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{2}}{\sqrt{5}}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{2}}{\sqrt{5}}\times \dfrac{\sqrt{5}}{\sqrt{5}}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{10}}{\sqrt{25}}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{5}{3}\dfrac{\sqrt{10}}{5}$
$\dfrac{5}{3}\sqrt{\dfrac{2}{5}}=\dfrac{1}{3}\sqrt{10}$

Selama beberapa tahun terakhir soal bentuk akar ini selalu dikeluarkan pada soal Ujian Nasional Matematika tingkat SMP. Makara pastikan bahwa Anda atau teman atau anak kita sanggup menganggap bentuk akar itu bukan suatu masalah, hanya sekedar soal saja.

Beberapa soal berikut sanggup dijadikan soal latihan untuk pemantapan

1. Soal UNBK Matematika Tahun 2020 (*Soal Lengkap)

Bentuk sederhana dari $\dfrac{2\sqrt{3}+3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 12-5\sqrt{6} \\
(B)\ & 12 -\sqrt{6} \\
(C)\ & -5-\sqrt{6} \\
(D)\ & 6-5\sqrt{6}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& \dfrac{2\sqrt{3}-3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}} \\
& = \dfrac{2\sqrt{3}-3\sqrt{2}}{\sqrt{3}+\sqrt{2}} \times \dfrac{\sqrt{3}-\sqrt{2}}{\sqrt{3}-\sqrt{2}} \\
& = \dfrac{6-2\sqrt{6}-3\sqrt{6}+6}{3-2} \\
& = \dfrac{12-5\sqrt{6}}{1} \\
& = 12-5\sqrt{6}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 12-5\sqrt{6}$

2. Soal UNBK Matematika Tahun 2020 (*Soal Lengkap)

Bentuk sederhana dari $\dfrac{\sqrt{5}+\sqrt{3}}{\sqrt{20}-\sqrt{12}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 4+\sqrt{15} \\
(B)\ & \dfrac{4-\sqrt{15}}{2} \\
(C)\ & 4+2\sqrt{15} \\
(D)\ & \dfrac{4+2\sqrt{15}}{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
& \dfrac{\sqrt{5}+\sqrt{3}}{\sqrt{20}-\sqrt{12}} \\
& = \dfrac{\sqrt{5}+\sqrt{3}}{\sqrt{20}-\sqrt{12}} \times \dfrac{\sqrt{20}+\sqrt{12}}{\sqrt{20}+\sqrt{12}} \\
& = \dfrac{\left(\sqrt{5}+\sqrt{3}\right)\left(\sqrt{20}+\sqrt{12}\right)}{\left(\sqrt{20}-\sqrt{12}\right)\left(\sqrt{20}+\sqrt{12}\right)} \\
& = \dfrac{\sqrt{100}+\sqrt{60}+\sqrt{60}+\sqrt{36}}{\sqrt{400}-\sqrt{240}+\sqrt{240}-\sqrt{144} } \\
& = \dfrac{10+2\sqrt{60}+6}{20-12} \\
& = \dfrac{16+2\sqrt{60}}{8} \\
& = \dfrac{16+2\sqrt{4 \cdot 15}}{8} \\
& = \dfrac{16+2 \cdot 2\sqrt{15}}{8} \\
& = \dfrac{16+4\sqrt{15}}{8} \\
& = \dfrac{4+\sqrt{15}}{2}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ \dfrac{4+\sqrt{15}}{2}$

3. Soal Simulasi UNBK Matematika Tahun 2020 (*Soal Lengkap)

Bilangan yang senilai dengan $\dfrac{8}{3+\sqrt{5}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 6-2\sqrt{5} \\
(B)\ & 6+2\sqrt{5} \\
(C)\ & 12-2\sqrt{5} \\
(D)\ & 12+2\sqrt{5}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Bilangan yang senilai dengan sebuah bilangan itu sanggup kita cari dengan merubah bentuk tapi tidak merubah nilainya. Cara yang paling gampang yakni dengan mengkalikan bilangan itu dengan $1$, alasannya yakni bilangan yang dikali dengan $1$ alhasil yakni bilangan itu sendiri.
$ \begin{align}
\dfrac{8}{3+\sqrt{5}}
& =\dfrac{8}{3+\sqrt{5}} \times 1 \\
& =\dfrac{8}{3+\sqrt{5}} \times \dfrac{3-\sqrt{5}}{3-\sqrt{5}} \\
& =\dfrac{8(3-\sqrt{5})}{(3+\sqrt{5})(3-\sqrt{5})} \\
& =\dfrac{8(3-\sqrt{5})}{(9-5)} \\
& =\dfrac{8(3-\sqrt{5})}{4} \\
& =\dfrac{2(3-\sqrt{5})}{1} \\
& =6-2\sqrt{5} \\
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 6-2\sqrt{5}$

Jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan) atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan๐Ÿ˜ŠCMIIW.

Jangan Lupa Untuk Berbagi ๐Ÿ™Share is Caring ๐Ÿ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE๐Ÿ˜Š

Video pilihan khusus untuk Anda ๐Ÿ˜Š Cara Pilar (Pintar Bernalar) Perkalian Dua Angka;
 Dengan bahasa sederhana disampaikan bahwa bentuk akar yakni akar dari bilangan rasional  ✔ Matematika SMP: Belajar Bentuk Akar (*Soal dan Pembahasan)

Belum ada Komentar untuk "✔ Matematika Smp: Berguru Bentuk Akar (*Soal Dan Pembahasan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel