✔ Matematika Piral: Membagikan Belahan Tanpa Harus Merubahnya Menjadi Perkalian Pecahan
Matematika PiRal (Pintar Bernalar) beriktu yang kita diskusikan yaitu membagikan pecahan. Mmembagikan pecahan sudah dimulai diperkenalkan sewaktu kita duduk dibangku kelas 3 SD (SD). Bagi sebahagian guru penyampaian pembagian pecahan ini menjadi operasi pecahan dengan perlakuan khusus. Karena dari operasi aljabar pada pecahan yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, operasi pembagian pecahanlah yang sedikit lebih panjang prosesnya.
Untuk penjumlahan dan pengurangan pecahan, prosesnya yaitu penyebutnya harus sama gres sanggup dijumlahkan atau dikurangkan. Secara simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} + \frac{3}{2}=\frac{1+3}{2}=\frac{4}{2}=2 $
2. $ \frac{1}{2} + \frac{1}{3}=\frac{3}{6} + \frac{2}{6}=\frac{2+3}{6}=\frac{5}{6}$
Contoh:
1. $ \frac{5}{2} - \frac{3}{2}=\frac{5-3}{2}=\frac{2}{2}=1 $
2. $ \frac{3}{2} - \frac{1}{3}=\frac{9}{6} - \frac{2}{6}=\frac{9-2}{6}=\frac{7}{6}$
Untuk Perkalian pecahan, prosesnya yaitu penyebut dikalikan dengan penyebut dan pembilang dikalikan dengan pembilang. Secara simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} \times \frac{1}{3}=\frac{1 \times 1}{2 \times 3}=\frac{1}{6} $
2. $ \frac{2}{3} \times \frac{3}{4}=\frac{2 \times 3}{3 \times 4}=\frac{6}{12}=\frac{1}{2} $
Untuk Pembagian pecahan, prosesnya yaitu operasi pecahan kita rubah menjadi perkalian dan pecahan pembagi kita balikkan dimana pembilang jadi penyebut dan penyebut jadi pembilang. Secara simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}=\frac{1}{2} \times \frac{3}{1}=\frac{1 \times 3}{2 \times 1}=\frac{3}{2}$
2. $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}=\frac{1}{5} \times \frac{4}{3}=\frac{1 \times 4}{5 \times 3}=\frac{4}{15}$
Pertanyaan sederhana untuk pembagian pecahan ini dari anak SD yang kreatif dan sedikit kritis yaitu kenapa pada pembagian pecahan tidak kita lakukan ibarat "perkalian pecahan" yaitu pembilang dibagikan dengan pembilang dan penyebut dibagikan dengan penyebut. Guru-guru terkadang membisu seribu bahasa saat mendengar pertanyaan ibarat ini.
Sekarang kita coba jawab pertanyaan siswa diatas dengan konsep sederhana, bahwa proses pembagian pecahan sanggup kita lakukan ibarat proses "perkalian pecahan" tetapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Mari kita simak dengan teladan pembagian diatas kita kerjakan dengan cara "proses perkalian",
Contoh 1. $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}$
bentuk $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}$
kita rubah bentuknya dengan tidak mengubah nilai pecahan menjadi
$ \frac{3}{6} \div \frac{1}{3}$, kemudian kita kerjakan dengan "proses perkalian"
$ \frac{3}{6} \div \frac{1}{3}= \frac{3 \div 1}{6 \div 3}=\frac{3}{2}$
Contoh 2. $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}$
bentuk $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}$
kita rubah bentuknya dengan tidak mengubah nilai pecahan menjadi
$ \frac{12}{60} \div \frac{3}{4}$, kemudian kita kerjakan dengan "proses perkalian"
$ \frac{12}{60} \div \frac{3}{4}= \frac{12 \div 3}{60 \div 4}=\frac{4}{15}$
Dari kedua teladan diatas beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam pembagian pecahan secara eksklusif yaitu pembilang dibagi pembilang dan penyebut dibagi penyebut sanggup dikerjakan secara eksklusif kalau kesudahannya sama-sama bilangan bulat.
Apabila ada masukan yang sifatnya membangun terkait Matematika PiRal: Membagikan Pecahan Tanpa harus Merubahnya Menjadi Perkalian Pecahan silahkan disampaikan😊😊.
Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊
Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan cara pilar (pintar bernalar);
Untuk penjumlahan dan pengurangan pecahan, prosesnya yaitu penyebutnya harus sama gres sanggup dijumlahkan atau dikurangkan. Secara simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
$ \frac{a}{c} + \frac{b}{c}=\frac{a+b}{c} $Proses Penjumlahan Pecahan:
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} + \frac{3}{2}=\frac{1+3}{2}=\frac{4}{2}=2 $
2. $ \frac{1}{2} + \frac{1}{3}=\frac{3}{6} + \frac{2}{6}=\frac{2+3}{6}=\frac{5}{6}$
Proses Pengurangan Pecahan:$ \frac{a}{c} - \frac{b}{c}=\frac{a-b}{c} $
Contoh:
1. $ \frac{5}{2} - \frac{3}{2}=\frac{5-3}{2}=\frac{2}{2}=1 $
2. $ \frac{3}{2} - \frac{1}{3}=\frac{9}{6} - \frac{2}{6}=\frac{9-2}{6}=\frac{7}{6}$
Untuk Perkalian pecahan, prosesnya yaitu penyebut dikalikan dengan penyebut dan pembilang dikalikan dengan pembilang. Secara simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
$ \frac{a}{b} \times \frac{c}{d}=\frac{a \times c}{b \times d} $Proses Perkalian Pecahan:
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} \times \frac{1}{3}=\frac{1 \times 1}{2 \times 3}=\frac{1}{6} $
2. $ \frac{2}{3} \times \frac{3}{4}=\frac{2 \times 3}{3 \times 4}=\frac{6}{12}=\frac{1}{2} $
Untuk Pembagian pecahan, prosesnya yaitu operasi pecahan kita rubah menjadi perkalian dan pecahan pembagi kita balikkan dimana pembilang jadi penyebut dan penyebut jadi pembilang. Secara simbolik dan teladan sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
$ \frac{a}{b} \div \frac{c}{d}=\frac{a}{b} \times \frac{d}{c}=\frac{a \times d}{b \times c}$Proses Pembagian Pecahan:
Contoh:
1. $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}=\frac{1}{2} \times \frac{3}{1}=\frac{1 \times 3}{2 \times 1}=\frac{3}{2}$
2. $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}=\frac{1}{5} \times \frac{4}{3}=\frac{1 \times 4}{5 \times 3}=\frac{4}{15}$
Pertanyaan sederhana untuk pembagian pecahan ini dari anak SD yang kreatif dan sedikit kritis yaitu kenapa pada pembagian pecahan tidak kita lakukan ibarat "perkalian pecahan" yaitu pembilang dibagikan dengan pembilang dan penyebut dibagikan dengan penyebut. Guru-guru terkadang membisu seribu bahasa saat mendengar pertanyaan ibarat ini.
Baca juga : Kesalahan Konsep Perkalian itu, Berakhir Pada Kematian
Sekarang kita coba jawab pertanyaan siswa diatas dengan konsep sederhana, bahwa proses pembagian pecahan sanggup kita lakukan ibarat proses "perkalian pecahan" tetapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Mari kita simak dengan teladan pembagian diatas kita kerjakan dengan cara "proses perkalian",
Contoh 1. $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}$
bentuk $ \frac{1}{2} \div \frac{1}{3}$
kita rubah bentuknya dengan tidak mengubah nilai pecahan menjadi
$ \frac{3}{6} \div \frac{1}{3}$, kemudian kita kerjakan dengan "proses perkalian"
$ \frac{3}{6} \div \frac{1}{3}= \frac{3 \div 1}{6 \div 3}=\frac{3}{2}$
Contoh 2. $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}$
bentuk $ \frac{1}{5} \div \frac{3}{4}$
kita rubah bentuknya dengan tidak mengubah nilai pecahan menjadi
$ \frac{12}{60} \div \frac{3}{4}$, kemudian kita kerjakan dengan "proses perkalian"
$ \frac{12}{60} \div \frac{3}{4}= \frac{12 \div 3}{60 \div 4}=\frac{4}{15}$
Dari kedua teladan diatas beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam pembagian pecahan secara eksklusif yaitu pembilang dibagi pembilang dan penyebut dibagi penyebut sanggup dikerjakan secara eksklusif kalau kesudahannya sama-sama bilangan bulat.
Apabila ada masukan yang sifatnya membangun terkait Matematika PiRal: Membagikan Pecahan Tanpa harus Merubahnya Menjadi Perkalian Pecahan silahkan disampaikan😊😊.
Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊
Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan cara pilar (pintar bernalar);
Belum ada Komentar untuk "✔ Matematika Piral: Membagikan Belahan Tanpa Harus Merubahnya Menjadi Perkalian Pecahan"
Posting Komentar