✔ Bank Soal Dan Pembahasan Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok

Penerapan statistik data berkelompok dalam kehidupan sehari-hari juga sangat banyak, diantaranya sanggup dilihat pada soal-soal yang kita diskusikan di bawah ini. Mempelajari dan memakai aturan-aturan pada statistik data berkelompok juga sangatlah mudah, kalau Anda mengikuti step by step yang kita diskusikan dibawah ini, maka anda akan dengan gampang memahami soal-soal statistik data berkelompok dan menemukan solusinya.
Sekarang kita coba diskusikan bagaimana soal-soal yang sudah pernah diujikan pada UN atau SBMPTN wacana statistika untuk data berkelompok. Statistika untuk data berkleompok lebih sering diujikan pada Ujian Nasional daripada SBMPTN atau SMMPTN. Masalah yang diujikan juga terfokus kepada ukuran pemusatan data (rata-rata, modus dan median) dan ukuran letak data (kuartil, desil dan persentil).
Baca Juga
Untuk lebih jauh mengetahui bagaimana menuntaskan soal atau problem statisktika untuk data berkelompok bisa kita simak dari beberapa pola soal berikut;
1. Soal UM UNDIP 2009 (*Soal Lengkap)
Perhatikan tabel berikut!
Siswa yang dinyatakan lulus kalau nilai ujiannya lebih besar dari $60$. Jika banyaknya penerima ujian ada $30$ orang dan yang lulus $16$ orang, maka nilai dari $xy= \cdots$
Nilai Ujian Frekuensi $21-30$ $1$ $31-40$ $1$ $41-50$ $x$ $51-60$ $9$ $61-70$ $y$ $71-80$ $6$ $81-90$ $2$
$\begin{align}
(A)\ 18 \\(B)\ 20 \\
(C)\ 24 \\
(D)\ 25 \\
(E)\ 30
\end{align}$
Untuk soal ini kemampuan kita yang diperlukan ialah kebijaksanaan kemampuan dalam memabaca data berkelompok, alasannya ialah data yang disajikan dalam tabel tidak lengkap.
Jumlah total frekuensi ialah $19+x+y$.
Jumlah yang lulus lebih dari $60$ yaitu $y+6+2=y+8$
Diketahui jumlah penerima yang lulus ialah $16$ orang, maka $y+8=16\ \rightarrow y=8$.
Diketahui jumlah penerima yang ujian ialah $30$ orang dan $y=8$, maka $19+x+y=30\ \rightarrow x=3$.
Nilai $xy=3 \cdot 8=24$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(C)\ 24$
2. Soal UNBK Matematika IPS 2020 (*Soal Lengkap)
Perhatikan tabel berikut!
Modus dari tabel tersebut adalah...
Nilai Frekuensi $40-44$ $3$ $45-49$ $4$ $50-54$ $11$ $55-59$ $15$ $60-64$ $7$
$\begin{align}
(A)\ 51,12 \\
(B)\ 55,17 \\
(C)\ 55,72 \\
(D)\ 56,17 \\
(E)\ 56,67
\end{align}$
Modus ialah nilai yang paling sering muncul atau frekuensi yang paling besar.
Untuk data tunggal modus suatu data gampang ditemukan, tetapi untuk data berkelompok modus data sedikit lebih rumit.
Modus data berkelompok dirumuskan ibarat berikut ini;
$Mo = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c$
dimana;
$Tb_{mo}:$Tepi bawah kelas modus, dan Kelas modus ialah kelas dengan frekuensi paling besar.
Dari tabel terlihat bahwa kelas yang mempunyai frekuensi tertinggi ialah kelas $55-59$ dengan frekuensi $15$, maka kelas modusnya ialah kelas ke-4 dengan interval $55-59$; $(Tb_{mo} = 55 - 0,5 = 54,5)$;
$d_1:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sebelum kelas modus; $(d_{1}=15-11=4)$;
$d_2:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas setelah kelas modus; $(d_{2}=15-7=8)$;
$c:$ Panjang Kelas $(c=59,5-54,5=5)$;
$ \begin{align}
Mo & = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c \\
& = 54,5 + \left( \frac{4}{4 + 8} \right) \cdot 5 \\
& = 54,5 + \left( \frac{4}{12} \right) \cdot 5 \\
& = 54,5 + \frac{20}{12} \\
& = 54,5 + 1,67 \\
& = 56,17\ (D)
\end{align} $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(D)\ 56,17$
3. Soal UNBK Matematika IPS 2020 (*Soal Lengkap)
Kuartil bawah dari data pada tabel berikut adalah.
$\begin{align}
Nilai Frekuensi $51-60$ $5$ $61-70$ $4$ $71-80$ $20$ $81-90$ $7$ $91-100$ $4$
(A)\ 70,0 \\
(B)\ 70,5 \\
(C)\ 71,0 \\
(D)\ 72,5 \\
(E)\ 73,0
\end{align} $
Kuartil ialah suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi empat bab yang sama besar setelah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Kuartil terdiri dari tiga jenis yaitu kuartil pertama $(Q_{1})$ yang disebut juga kuartil bawah, Kuartil kedua $(Q_{2})$ yang disebut juga median atau nilai tengah, dan Kuartil ketiga $(Q_{3})$ yang disebut juga kuartil atas.
Data pada tabel sanggup kita hitung yaitu total frekuensi ialah $n=40$.
Untuk meneNtukan letak $Q_{1}$ ada pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(n+1) \right]$
$Q_{1}$ terletak pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(40+1) \right]=10,25$
$Q_{1}$ pada data ke-$10,25$ artinya $Q_{1}$ berada pada kelas interval $71-80$
Tepi bawah kelas $Q_{1}$: $71-80$
$t_{b}= 71 - 0,5 = 70,5 $
Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Q_{1}$,
$f_{k}= 4+5=9$
Frekuensi kelas $Q_{1}$, $f_{Q_{1}}=20$
Panjang kelas $c=80,5-70,5=10$
$ \begin{align}
Q_{1} & = t_{b} + \left( \frac{\frac{1}{4}n - f_{k}}{f_{Q_{1}}} \right)c \\
& = 70,5 + \left( \frac{\frac{1}{4} \cdot 40 - 9}{20} \right)10 \\
& = 70,5 + \left( \frac{10 - 9}{20} \right)10 \\
& = 70,5 + \left( \frac{1}{20} \right)10 \\
& = 70,5 + \frac{1}{2} \\
& = 71
\end{align} $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(C)\ 71$
4. Soal UM UNDIP 2010 (*Soal Lengkap)
Diberikan data pada tabel berikut:
Jika pada tabel ini kuartil atas ialah $75,75$. Maka nilai $x$ adalah...
Titik Tengah Frekuensi $52$ $4$ $57$ $6$ $62$ $8$ $67$ $10$ $72$ $14$ $77$ $x$ $82$ $6$
$\begin{align}
(A)\ 9 \\
(B)\ 10 \\
(C)\ 11 \\
(D)\ 12 \\
(E)\ 13
\end{align} $
Pada tabel yang disajikan ialah titik tengah kelas dan frekuensi.
Jika masih terbiasa dengan tabel yang umum (*dibangun dengan memakai aturan sturgess) maka tabel bisa kita ubah terlebih dahul ke bentuk yang umum.
Panjang kelas pada tabel diatas ialah $5$ yang kita peroleh dari selisih titik tengah kelas pertama dan kelas kedua.
Titik tengah kelas ialah setengah dari Batas Atas ditambah Batas Bawah.
$x_{i}=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Untuk kelas 1:
$52=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Cari bilangan dimana nilai tengahnya $52$ dengan panjang kelas $5$ (*jika panjang kelas $5$ maka selisihnya ialah $4$), yaitu $52-2=50$ dan $52+2=54$.
kita peroleh kelas 1: $50-54$
Untuk kelas 2:
$57=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Cari bilangan dimana nilai tengahnya $57$ dengan panjang kelas $5$ (*jika panjang kelas $5$ maka selisihnya ialah $4$), yaitu $57-2=55$ dan $57+2=59$.
kita peroleh kelas 2: $55-59$
dan seterusnya tabel lengkapnya ibarat dibawah ini;
Nilai | Frekuensi |
$50-54$ | $4$ |
$55-59$ | $6$ |
$60-64$ | $8$ |
$65-69$ | $10$ |
$70-74$ | $14$ |
$75-79$ | $x$ |
$80-84$ | $6$ |
Kuartil terdiri dari tiga jenis yaitu kuartil pertama $(Q_{1})$ yang disebut juga kuartil bawah, Kuartil kedua $(Q_{2})$ yang disebut juga median atau nilai tengah, dan Kuartil ketiga $(Q_{3})$ yang disebut juga kuartil atas.
Data pada tabel sanggup kita hitung yaitu total frekuensi ialah $n=48+x$.
Karena $Q_{3}=75,75$ maka letak $Q_{3}$ berada pada kelas $75-79$.
Tepi bawah kelas $Q_{3}$: $75-79$
$t_{b}= 75 - 0,5 = 74,5 $
Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Q_{3}$,
$f_{k}= 4+6+8+10+14=42$
Frekuensi kelas $Q_{3}$, $f_{Q_{3}}=x$
Panjang kelas $c=5$
$ \begin{align}
Q_{3} & = t_{b} + \left( \frac{\frac{3}{4}n - f_{k}}{f_{Q_{3}}} \right)c \\
75,75 & = 74,5 + \left( \frac{\frac{3}{4} \cdot (48+x) - 42}{x} \right)5 \\
75,75 - 74,5 & = \left( \frac{\frac{3}{4} \cdot (48+x) - 42}{x} \right)5 \\
1,25 & = \left( \frac{\frac{3}{4} \cdot (48+x) - 42}{x} \right)5 \\
1,25\ x & = \left( \frac{3}{4} \cdot (48+x) - 42 \right) 5 \\
1,25\ x & = \left( 36+ \frac{3}{4} x - 42 \right)5 \\
1,25\ x & = \left( \frac{3}{4} x - 6 \right)5 \\
1,25\ x & = 3,75\ x - 30 \\
30 & = 3,75\ x - 1,25\ x \\
30 & = 2,5\ x \\
x & = \frac{2}{5} \cdot 30 \\
x & = 12
\end{align} $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(D)\ 12$
5. Soal UM UNDIP 2011 (*Soal Lengkap)
Diberikan tabel distribusi frekuensi sebagai berikut:
Median dari tabel di atas adalah...
Titik Tengah Frekuensi $31$ $2$ $36$ $3$ $41$ $6$ $46$ $15$ $51$ $14$
$\begin{align}
(A)\ 46,45 \\
(B)\ 46,50 \\
(C)\ 46,55 \\
(D)\ 46,65 \\
(E)\ 46,75
\end{align} $
Pada tabel yang disajikan ialah titik tengah kelas dan frekuensi.
Jika masih terbiasa dengan tabel yang umum (*dibangun dengan memakai aturan sturgess) maka tabel bisa kita ubah terlebih dahul ke bentuk yang umum.
Panjang kelas pada tabel diatas ialah $5$ yang kita peroleh dari selisih titik tengah kelas pertama dan kelas kedua.
Titik tengah kelas ialah setengah dari Batas Atas ditambah Batas Bawah.
$x_{i}=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Untuk kelas 1:
$31=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Cari bilangan dimana nilai tengahnya $31$ dengan panjang kelas $5$ (*jika panjang kelas $5$ maka selisihnya ialah $4$), yaitu $31-2=29$ dan $31+2=33$.
kita peroleh kelas 1: $29-33$
Untuk kelas 2:
$36=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Cari bilangan dimana nilai tengahnya $36$ dengan panjang kelas $5$ (*jika panjang kelas $5$ maka selisihnya ialah $4$), yaitu $36-2=34$ dan $36+2=38$.
kita peroleh kelas 2: $34-38$
dan seterusnya tabel lengkapnya ibarat dibawah ini;
Nilai | Frekuensi |
$29-33$ | $2$ |
$34-38$ | $3$ |
$39-43$ | $6$ |
$44-48$ | $15$ |
$49-53$ | $14$ |
Median $(Me)$ sama nilainya dengan kuartil kedua $(Q_{2})$, jadi proses kerjanya ialah sama.
Data pada tabel sanggup kita hitung yaitu total frekuensi ialah $n=40$.
Untuk memilih letak $Me$ ada pada data ke- $\left[\frac{1}{2}(n+1) \right]$
$Me$ terletak pada data ke- $\left[\frac{1}{2}(40+1) \right]=20,5$
$Me$ pada data ke-$20,5$ artinya $Me$ berada pada kelas interval $44-48$
Tepi bawah kelas $Me$: $44-48$
$t_{b}= 44 - 0,5 = 43,5 $
Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Me$,
$f_{k}= 2+3+6=11$
Frekuensi kelas $Me$, $f_{Me}=15$
Panjang kelas $c=33,5-29,5=4$
$ \begin{align}
Me & = t_{b} + \left( \frac{\frac{1}{2}n - f_{k}}{f_{Me}} \right)c \\
& = 43,5 + \left( \frac{\frac{1}{2} \cdot 40 - 11}{15} \right)5 \\
& = 43,5 + \left( \frac{20 - 11}{15} \right)5 \\
& = 43,5 + \left( \frac{9}{15} \right)5 \\
& = 43,5 + \frac{45}{15} \\
& = 43,5 + 3 \\
& = 46,5
\end{align} $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 46,50$
6. Soal UM STIS 2011 (*Soal Lengkap)
Daftar distribusi frekuensi pada tabel berikut merupakan hasil dari suatu tes.
Jika $60\%$ siswa dinyatakan lulus, nilai terendah yang dinyatakan lulus adalah...
Nilai Ujian Frekuensi $11-20$ $3$ $21-30$ $7$ $31-40$ $10$ $41-50$ $16$ $51-60$ $20$ $61-70$ $14$ $71-80$ $10$ $81-90$ $6$ $91-100$ $4$
$\begin{align}
(A)\ & 45,0 \\
(B)\ & 48,5 \\
(C)\ & 50,5 \\
(D)\ & 51,0 \\
(E)\ & 55,5 \\
\end{align}$
Dari tabel yang disajikan, disampaikan bahwa yang lulus ialah $60\%$ dari total keseluruhan siswa.
Siswa yang lulus ialah $60\% \times 90=54$. Jika tabel di atas kita bagi dua, dengan pembagian tabel yang lulus dengan yang tidak lulus, menjadi ibarat berikut ini;
Siswa Tidak Lulus | |
---|---|
Nilai Ujian | Frekuensi |
$11-20$ | $3$ |
$21-30$ | $7$ |
$31-40$ | $10$ |
$41-50$ | $16$ |
Jumlah | $36$ |
Siswa Lulus | |
---|---|
Nilai Ujian | Frekuensi |
$51-60$ | $20$ |
$61-70$ | $14$ |
$71-80$ | $10$ |
$81-90$ | $6$ |
$91-100$ | $4$ |
Jumlah | $54$ |
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 51,0$
7. Soal UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA 2020 (*Soal Lengkap)
Perhatikan histogram data hasil pengukuran berat tubuh sekelompok domba berikut ini.
Kuartil bawah dari data tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ 43,19\ kg \\
(B)\ 46,27\ kg \\
(C)\ 46,88\ kg \\
(D)\ 47,28\ kg \\
(E)\ 56,00\ kg
\end{align} $
Kuartil ialah suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi empat bab yang sama besar setelah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Kuartil terdiri dari tiga jenis yaitu kuartil pertama $(Q_{1})$ yang disebut juga kuartil bawah, Kuartil kedua $(Q_{2})$ yang disebut juga median atau nilai tengah, dan Kuartil ketiga $(Q_{3})$ yang disebut juga kuartil atas.
Jika histogram di atas kita sajikan dalam bentuk tabel, ibarat berikut;
Berat | Frekuensi |
$36-40$ | $3$ |
$41-45$ | $5$ |
$46-50$ | $13$ |
$51-55$ | $10$ |
$56-60$ | $6$ |
$61-65$ | $3$ |
Jumlah | $40$ |
$Q_{1}$ terletak pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(40+1) \right]=10,25$
$Q_{1}$ pada data ke-$10,25$ artinya $Q_{1}$ berada pada kelas interval $46-50$
Tepi bawah kelas $Q_{1}$: $46-50$
$t_{b}= 46 - 0,5 = 45,5 $
Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Q_{1}$,
$f_{k}= 3+5=8$
Frekuensi kelas $Q_{1}$, $f_{Q_{1}}=13$
Panjang kelas $c=50,5-46,5=5$
$ \begin{align}
Q_{1} & = t_{b} + \left( \frac{\frac{1}{4}n - f_{k}}{f_{Q_{1}}} \right)c \\
& = 45,5 + \left( \frac{\frac{1}{4} \cdot 40 - 8}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \left( \frac{10 - 8}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \left( \frac{2}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \frac{10}{13} \\
& = 45,5+0,77 \\
& = 46,27
\end{align} $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 46,27\ kg$
8. Soal UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA 2020 (*Soal Lengkap)
Tabel berikut menyatakan hasil evaluasi guru terhadap kemampuan pelajaran fisika dari $70$ orang siswa.
Modus dari data pada tabel tersebut adalah...
Nilai Frekuensi $34-38$ $5$ $49-43$ $9$ $44-48$ $14$ $49-53$ $20$ $54-58$ $16$ $59-63$ $6$
$\begin{align}
(A)\ 49,5 \\
(B)\ 50,5 \\
(C)\ 51,5 \\
(D)\ 52,5 \\
(E)\ 53,5
\end{align}$
Modus ialah nilai yang paling sering muncul atau frekuensi yang paling besar.
Untuk data tunggal modus suatu data gampang ditemukan, tetapi untuk data berkelompok modus data sedikit lebih rumit.
Modus data berkelompok dirumuskan ibarat berikut ini;
$Mo = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c$
dimana;
$Tb_{mo}:$Tepi bawah kelas modus, dan Kelas modus ialah kelas dengan frekuensi paling besar.
Dari tabel terlihat bahwa kelas yang mempunyai frekuensi tertinggi ialah kelas $49-53$ dengan frekuensi $20$, maka kelas modusnya ialah kelas ke-4 dengan interval $49-53$; $(Tb_{mo} = 49 - 0,5 = 48,5)$;
$d_1:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sebelum kelas modus; $(d_{1}=20-14=6)$;
$d_2:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas setelah kelas modus; $(d_{2}=20-16=4)$;
$c:$ Panjang Kelas $(c=53,5-48,5=5)$;
$ \begin{align}
Mo & = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c \\
& = 48,5 + \left( \frac{6}{4 + 6} \right) \cdot 5 \\
& = 48,5 + \left( \frac{4}{10} \right) \cdot 5 \\
& = 48,5 + \frac{20}{10} \\
& = 48,5 + 2 \\
& = 50,5
\end{align} $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 50,5$
9. Soal UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPS 2020 (*Soal Lengkap)
Tabel berikut menyajikan data nilai ulangan Bahasa Indonesia siswa kelas XII.
Rata-rata nilai ulangan Bahasa Indonesia siswa kelas tersebut adalah...
Nilai Frekuensi $40-44$ $2$ $45-49$ $8$ $50-54$ $15$ $55-59$ $10$ $60-64$ $5$ $65-69$ $10$
$\begin{align}
(A)\ & 53,2 \\
(B)\ & 55,8 \\
(C)\ & 56,3 \\
(D)\ & 56,8 \\
(E)\ & 58,2
\end{align}$
Statistika data berkelompok sanggup kita hitung dengan rumus:
$\begin{align}
\overline{x} = & \dfrac{\sum \limits_{i}^{n} x_{i} \cdot f_{i} }{\sum \limits_{i}^{n}f_{i} } \\
= & \dfrac{ x_{1} \cdot f_{1}+x_{2} \cdot f_{2}+ \cdots +x_{n} \cdot f_{n} }{f_{1}+f_{2}+\cdots+f_{n} }
\end{align}$
Dimana
- $x_{i}$ ialah titik tengah kelas ke-$i$,
$x_{i}=\dfrac{1}{2}\left( BA+BA \right)$ - $f_{i}$ frekuensi kelas ke-$i$
Nilai | Frekuensi | $x_{i}$ | $x_{i} \cdot f_{i}$ |
$40-44$ | $2$ | $42$ | $84$ |
$45-49$ | $8$ | $47$ | $376$ |
$50-54$ | $15$ | $52$ | $780$ |
$55-59$ | $10$ | $57$ | $570$ |
$60-64$ | $5$ | $62$ | $310$ |
$65-69$ | $10$ | $67$ | $670$ |
Jumlah | $50$ | $---$ | $2790$ |
\overline{x} & = \dfrac{\sum \limits_{i}^{n} x_{i} \cdot f_{i} }{\sum \limits_{i}^{n}f_{i} } \\
& = \dfrac{2790}{50} \\
& = 55,8
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 55,8$
10. Soal UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPS 2020 (*Soal Lengkap)
Histogram berikut menyatakan data nilai tes penerima didik kelas XI.
Median dari data tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 70,5 \\
(B)\ & 71,2 \\
(C)\ & 71,5 \\
(D)\ & 75,5 \\
(E)\ & 79,5
\end{align}$
Median ialah suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi dua bab yang sama besar setelah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Median $(Me)$ sama nilainya dengan kuartil kedua $(Q_{2})$, jadi proses kerjanya ialah sama.
Data pada histogram menunjukkan bahwa banyak kelas ialah $5$. Tetapi kalau membaca data belum bisa sanggup merubah data histogram mejadi dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, yaitu:
Nilai | Frekuensi |
$40-49$ | $5$ |
$50-59$ | $4$ |
$60-69$ | $5$ |
$70-79$ | $10$ |
$80-89$ | $6$ |
Jumlah | $30$ |
- Untuk memilih letak $Me$ ada pada data ke- $\left[\frac{1}{2}(n+1) \right]$
$Me$ terletak pada data ke- $\left[\frac{1}{2}(30+1) \right]=15,5$ - $Me$ pada data ke-$15,5$ artinya $Me$ berada pada kelas interval $70-79$
- Tepi bawah kelas $Me$ yaitu $t_{b}= 70 - 0,5 = 69,5 $
- Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Me$, yaitu $f_{k}= 5+4+5=14$
- Frekuensi kelas $Me$, $f_{Me}=10$
- Panjang kelas $c=49,5-39,5=10$
Me & = t_{b} + \left( \dfrac{\frac{1}{2}n - f_{k}}{f_{Me}} \right)c \\
& = 69,5 + \left( \dfrac{\frac{1}{2} \cdot 30 - 14}{10} \right) \cdot 10 \\
& = 69,5 + \left( \dfrac{15 - 14}{10} \right) \cdot 10 \\
& = 69,5 + \left( \dfrac{1}{10} \right) \cdot 10 \\
& = 69,5 + \dfrac{10}{10} \\
& = 70,5
\end{align} $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(A)\ 70,5$
Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan" ___pythagoras
Beberapa pembahasan soal Matematika Dasar ini merupakan bab dari catatan calon guru wacana Statistika Data Berkelompok (*Soal Dari Berbagai Sumber) di atas ialah coretan kreatif siswa pada- lembar tanggapan evaluasi harian matematika,
- lembar tanggapan evaluasi selesai semester matematika,
- presentasi hasil diskusi matematika atau
- pembahasan quiz matematika di kelas.
Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊
Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Matematika;

Belum ada Komentar untuk "✔ Bank Soal Dan Pembahasan Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok"
Posting Komentar