✔ Bank Soal Dan Pembahasan Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok

Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok  ✔ Bank Soal dan Pembahasan Matematika Dasar Statistika Data BerkelompokCatatan calon guru yang kita diskusikan ketika ini akan membahas wacana Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok. Matematika dasar statistik data berkelompok ini ialah pengembangan dari statistika data tunggal, jadi untuk memudahkan pemahaman statistik data berkelompok ini, setidaknnya kita sudah sedikit paham wacana statistika data tunggal. Karena statistik data tunggal ialah salah satu syarat perlu, semoga lebih cepat dalam berguru statistik data berkelompok.

Penerapan statistik data berkelompok dalam kehidupan sehari-hari juga sangat banyak, diantaranya sanggup dilihat pada soal-soal yang kita diskusikan di bawah ini. Mempelajari dan memakai aturan-aturan pada statistik data berkelompok juga sangatlah mudah, kalau Anda mengikuti step by step yang kita diskusikan dibawah ini, maka anda akan dengan gampang memahami soal-soal statistik data berkelompok dan menemukan solusinya.

Sekarang kita coba diskusikan bagaimana soal-soal yang sudah pernah diujikan pada UN atau SBMPTN wacana statistika untuk data berkelompok. Statistika untuk data berkleompok lebih sering diujikan pada Ujian Nasional daripada SBMPTN atau SMMPTN. Masalah yang diujikan juga terfokus kepada ukuran pemusatan data (rata-rata, modus dan median) dan ukuran letak data (kuartil, desil dan persentil).

Baca Juga


Untuk lebih jauh mengetahui bagaimana menuntaskan soal atau problem statisktika untuk data berkelompok bisa kita simak dari beberapa pola soal berikut;

1. Soal UM UNDIP 2009 (*Soal Lengkap)

Perhatikan tabel berikut!
Nilai Ujian Frekuensi
$21-30$ $1$
$31-40$ $1$
$41-50$ $x$
$51-60$ $9$
$61-70$ $y$
$71-80$ $6$
$81-90$ $2$
Siswa yang dinyatakan lulus kalau nilai ujiannya lebih besar dari $60$. Jika banyaknya penerima ujian ada $30$ orang dan yang lulus $16$ orang, maka nilai dari $xy= \cdots$
$\begin{align}
(A)\ 18 \\
(B)\ 20 \\
(C)\ 24 \\
(D)\ 25 \\
(E)\ 30
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk soal ini kemampuan kita yang diperlukan ialah kebijaksanaan kemampuan dalam memabaca data berkelompok, alasannya ialah data yang disajikan dalam tabel tidak lengkap.
Jumlah total frekuensi ialah $19+x+y$.
Jumlah yang lulus lebih dari $60$ yaitu $y+6+2=y+8$

Diketahui jumlah penerima yang lulus ialah $16$ orang, maka $y+8=16\ \rightarrow y=8$.
Diketahui jumlah penerima yang ujian ialah $30$ orang dan $y=8$, maka $19+x+y=30\ \rightarrow x=3$.

Nilai $xy=3 \cdot 8=24$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(C)\ 24$


2. Soal UNBK Matematika IPS 2020 (*Soal Lengkap)

Perhatikan tabel berikut!
Nilai Frekuensi
$40-44$ $3$
$45-49$ $4$
$50-54$ $11$
$55-59$ $15$
$60-64$ $7$
Modus dari tabel tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ 51,12 \\
(B)\ 55,17 \\
(C)\ 55,72 \\
(D)\ 56,17 \\
(E)\ 56,67
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Modus ialah nilai yang paling sering muncul atau frekuensi yang paling besar.
Untuk data tunggal modus suatu data gampang ditemukan, tetapi untuk data berkelompok modus data sedikit lebih rumit.
Modus data berkelompok dirumuskan ibarat berikut ini;
$Mo = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c$
dimana;
$Tb_{mo}:$Tepi bawah kelas modus, dan Kelas modus ialah kelas dengan frekuensi paling besar.
Dari tabel terlihat bahwa kelas yang mempunyai frekuensi tertinggi ialah kelas $55-59$ dengan frekuensi $15$, maka kelas modusnya ialah kelas ke-4 dengan interval $55-59$; $(Tb_{mo} = 55 - 0,5 = 54,5)$;
$d_1:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sebelum kelas modus; $(d_{1}=15-11=4)$;
$d_2:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas setelah kelas modus; $(d_{2}=15-7=8)$;
$c:$ Panjang Kelas $(c=59,5-54,5=5)$;

$ \begin{align}
Mo & = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c \\
& = 54,5 + \left( \frac{4}{4 + 8} \right) \cdot 5 \\
& = 54,5 + \left( \frac{4}{12} \right) \cdot 5 \\
& = 54,5 + \frac{20}{12} \\
& = 54,5 + 1,67 \\
& = 56,17\ (D)
\end{align} $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(D)\ 56,17$

3. Soal UNBK Matematika IPS 2020 (*Soal Lengkap)

Kuartil bawah dari data pada tabel berikut adalah.
Nilai Frekuensi
$51-60$ $5$
$61-70$ $4$
$71-80$ $20$
$81-90$ $7$
$91-100$ $4$
$\begin{align}
(A)\ 70,0 \\
(B)\ 70,5 \\
(C)\ 71,0 \\
(D)\ 72,5 \\
(E)\ 73,0
\end{align} $
Alternatif Pembahasan:

Kuartil ialah suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi empat bab yang sama besar setelah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Kuartil terdiri dari tiga jenis yaitu kuartil pertama $(Q_{1})$ yang disebut juga kuartil bawah, Kuartil kedua $(Q_{2})$ yang disebut juga median atau nilai tengah, dan Kuartil ketiga $(Q_{3})$ yang disebut juga kuartil atas.

Data pada tabel sanggup kita hitung yaitu total frekuensi ialah $n=40$.
Untuk meneNtukan letak $Q_{1}$ ada pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(n+1) \right]$
$Q_{1}$ terletak pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(40+1) \right]=10,25$

$Q_{1}$ pada data ke-$10,25$ artinya $Q_{1}$ berada pada kelas interval $71-80$
Tepi bawah kelas $Q_{1}$: $71-80$
$t_{b}= 71 - 0,5 = 70,5 $
Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Q_{1}$,
$f_{k}= 4+5=9$
Frekuensi kelas $Q_{1}$, $f_{Q_{1}}=20$
Panjang kelas $c=80,5-70,5=10$

$ \begin{align}
Q_{1} & = t_{b} + \left( \frac{\frac{1}{4}n - f_{k}}{f_{Q_{1}}} \right)c \\
& = 70,5 + \left( \frac{\frac{1}{4} \cdot 40 - 9}{20} \right)10 \\
& = 70,5 + \left( \frac{10 - 9}{20} \right)10 \\
& = 70,5 + \left( \frac{1}{20} \right)10 \\
& = 70,5 + \frac{1}{2} \\
& = 71
\end{align} $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(C)\ 71$

4. Soal UM UNDIP 2010 (*Soal Lengkap)

Diberikan data pada tabel berikut:
Titik Tengah Frekuensi
$52$ $4$
$57$ $6$
$62$ $8$
$67$ $10$
$72$ $14$
$77$ $x$
$82$ $6$
Jika pada tabel ini kuartil atas ialah $75,75$. Maka nilai $x$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ 9 \\
(B)\ 10 \\
(C)\ 11 \\
(D)\ 12 \\
(E)\ 13
\end{align} $
Alternatif Pembahasan:

Pada tabel yang disajikan ialah titik tengah kelas dan frekuensi.

Jika masih terbiasa dengan tabel yang umum (*dibangun dengan memakai aturan sturgess) maka tabel bisa kita ubah terlebih dahul ke bentuk yang umum.

Panjang kelas pada tabel diatas ialah $5$ yang kita peroleh dari selisih titik tengah kelas pertama dan kelas kedua.
Titik tengah kelas ialah setengah dari Batas Atas ditambah Batas Bawah.
$x_{i}=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Untuk kelas 1:
$52=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Cari bilangan dimana nilai tengahnya $52$ dengan panjang kelas $5$ (*jika panjang kelas $5$ maka selisihnya ialah $4$), yaitu $52-2=50$ dan $52+2=54$.
kita peroleh kelas 1: $50-54$

Untuk kelas 2:
$57=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Cari bilangan dimana nilai tengahnya $57$ dengan panjang kelas $5$ (*jika panjang kelas $5$ maka selisihnya ialah $4$), yaitu $57-2=55$ dan $57+2=59$.
kita peroleh kelas 2: $55-59$
dan seterusnya tabel lengkapnya ibarat dibawah ini;

Nilai Frekuensi
$50-54$ $4$
$55-59$ $6$
$60-64$ $8$
$65-69$ $10$
$70-74$ $14$
$75-79$ $x$
$80-84$ $6$
Kuartil ialah suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi empat bab yang sama besar setelah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Kuartil terdiri dari tiga jenis yaitu kuartil pertama $(Q_{1})$ yang disebut juga kuartil bawah, Kuartil kedua $(Q_{2})$ yang disebut juga median atau nilai tengah, dan Kuartil ketiga $(Q_{3})$ yang disebut juga kuartil atas.

Data pada tabel sanggup kita hitung yaitu total frekuensi ialah $n=48+x$.
Karena $Q_{3}=75,75$ maka letak $Q_{3}$ berada pada kelas $75-79$.

Tepi bawah kelas $Q_{3}$: $75-79$
$t_{b}= 75 - 0,5 = 74,5 $
Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Q_{3}$,
$f_{k}= 4+6+8+10+14=42$
Frekuensi kelas $Q_{3}$, $f_{Q_{3}}=x$
Panjang kelas $c=5$

$ \begin{align}
Q_{3} & = t_{b} + \left( \frac{\frac{3}{4}n - f_{k}}{f_{Q_{3}}} \right)c \\
75,75 & = 74,5 + \left( \frac{\frac{3}{4} \cdot (48+x) - 42}{x} \right)5 \\
75,75 - 74,5 & = \left( \frac{\frac{3}{4} \cdot (48+x) - 42}{x} \right)5 \\
1,25 & = \left( \frac{\frac{3}{4} \cdot (48+x) - 42}{x} \right)5 \\
1,25\ x & = \left( \frac{3}{4} \cdot (48+x) - 42 \right) 5 \\
1,25\ x & = \left( 36+ \frac{3}{4} x - 42 \right)5 \\
1,25\ x & = \left( \frac{3}{4} x - 6 \right)5 \\
1,25\ x & = 3,75\ x - 30 \\
30 & = 3,75\ x - 1,25\ x \\
30 & = 2,5\ x \\
x & = \frac{2}{5} \cdot 30 \\
x & = 12
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(D)\ 12$

5. Soal UM UNDIP 2011 (*Soal Lengkap)

Diberikan tabel distribusi frekuensi sebagai berikut:
Titik Tengah Frekuensi
$31$ $2$
$36$ $3$
$41$ $6$
$46$ $15$
$51$ $14$
Median dari tabel di atas adalah...
$\begin{align}
(A)\ 46,45 \\
(B)\ 46,50 \\
(C)\ 46,55 \\
(D)\ 46,65 \\
(E)\ 46,75
\end{align} $
Alternatif Pembahasan:

Pada tabel yang disajikan ialah titik tengah kelas dan frekuensi.

Jika masih terbiasa dengan tabel yang umum (*dibangun dengan memakai aturan sturgess) maka tabel bisa kita ubah terlebih dahul ke bentuk yang umum.

Panjang kelas pada tabel diatas ialah $5$ yang kita peroleh dari selisih titik tengah kelas pertama dan kelas kedua.
Titik tengah kelas ialah setengah dari Batas Atas ditambah Batas Bawah.
$x_{i}=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Untuk kelas 1:
$31=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Cari bilangan dimana nilai tengahnya $31$ dengan panjang kelas $5$ (*jika panjang kelas $5$ maka selisihnya ialah $4$), yaitu $31-2=29$ dan $31+2=33$.
kita peroleh kelas 1: $29-33$

Untuk kelas 2:
$36=\frac{1}{2} (BA+BB)$
Cari bilangan dimana nilai tengahnya $36$ dengan panjang kelas $5$ (*jika panjang kelas $5$ maka selisihnya ialah $4$), yaitu $36-2=34$ dan $36+2=38$.
kita peroleh kelas 2: $34-38$
dan seterusnya tabel lengkapnya ibarat dibawah ini;

Nilai Frekuensi
$29-33$ $2$
$34-38$ $3$
$39-43$ $6$
$44-48$ $15$
$49-53$ $14$
Median ialah suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi dua bab yang sama besar setelah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Median $(Me)$ sama nilainya dengan kuartil kedua $(Q_{2})$, jadi proses kerjanya ialah sama.

Data pada tabel sanggup kita hitung yaitu total frekuensi ialah $n=40$.
Untuk memilih letak $Me$ ada pada data ke- $\left[\frac{1}{2}(n+1) \right]$
$Me$ terletak pada data ke- $\left[\frac{1}{2}(40+1) \right]=20,5$

$Me$ pada data ke-$20,5$ artinya $Me$ berada pada kelas interval $44-48$
Tepi bawah kelas $Me$: $44-48$
$t_{b}= 44 - 0,5 = 43,5 $
Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Me$,
$f_{k}= 2+3+6=11$
Frekuensi kelas $Me$, $f_{Me}=15$
Panjang kelas $c=33,5-29,5=4$

$ \begin{align}
Me & = t_{b} + \left( \frac{\frac{1}{2}n - f_{k}}{f_{Me}} \right)c \\
& = 43,5 + \left( \frac{\frac{1}{2} \cdot 40 - 11}{15} \right)5 \\
& = 43,5 + \left( \frac{20 - 11}{15} \right)5 \\
& = 43,5 + \left( \frac{9}{15} \right)5 \\
& = 43,5 + \frac{45}{15} \\
& = 43,5 + 3 \\
& = 46,5
\end{align} $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 46,50$

6. Soal UM STIS 2011 (*Soal Lengkap)

Daftar distribusi frekuensi pada tabel berikut merupakan hasil dari suatu tes.
Nilai Ujian Frekuensi
$11-20$ $3$
$21-30$ $7$
$31-40$ $10$
$41-50$ $16$
$51-60$ $20$
$61-70$ $14$
$71-80$ $10$
$81-90$ $6$
$91-100$ $4$
Jika $60\%$ siswa dinyatakan lulus, nilai terendah yang dinyatakan lulus adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 45,0 \\
(B)\ & 48,5 \\
(C)\ & 50,5 \\
(D)\ & 51,0 \\
(E)\ & 55,5 \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari tabel yang disajikan, disampaikan bahwa yang lulus ialah $60\%$ dari total keseluruhan siswa.
Siswa yang lulus ialah $60\% \times 90=54$. Jika tabel di atas kita bagi dua, dengan pembagian tabel yang lulus dengan yang tidak lulus, menjadi ibarat berikut ini;

Siswa Tidak Lulus
Nilai Ujian Frekuensi
$11-20$ $3$
$21-30$ $7$
$31-40$ $10$
$41-50$ $16$
Jumlah $36$

Siswa Lulus
Nilai Ujian Frekuensi
$51-60$ $20$
$61-70$ $14$
$71-80$ $10$
$81-90$ $6$
$91-100$ $4$
Jumlah $54$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 51,0$

7. Soal UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA 2020 (*Soal Lengkap)

Perhatikan histogram data hasil pengukuran berat tubuh sekelompok domba berikut ini.
Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok  ✔ Bank Soal dan Pembahasan Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok
Kuartil bawah dari data tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ 43,19\ kg \\
(B)\ 46,27\ kg \\
(C)\ 46,88\ kg \\
(D)\ 47,28\ kg \\
(E)\ 56,00\ kg
\end{align} $
Alternatif Pembahasan:

Kuartil ialah suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi empat bab yang sama besar setelah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Kuartil terdiri dari tiga jenis yaitu kuartil pertama $(Q_{1})$ yang disebut juga kuartil bawah, Kuartil kedua $(Q_{2})$ yang disebut juga median atau nilai tengah, dan Kuartil ketiga $(Q_{3})$ yang disebut juga kuartil atas.

Jika histogram di atas kita sajikan dalam bentuk tabel, ibarat berikut;

Berat Frekuensi
$36-40$ $3$
$41-45$ $5$
$46-50$ $13$
$51-55$ $10$
$56-60$ $6$
$61-65$ $3$
Jumlah $40$
Untuk memilih letak $Q_{1}$ ada pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(n+1) \right]$
$Q_{1}$ terletak pada data ke- $\left[\frac{1}{4}(40+1) \right]=10,25$

$Q_{1}$ pada data ke-$10,25$ artinya $Q_{1}$ berada pada kelas interval $46-50$
Tepi bawah kelas $Q_{1}$: $46-50$
$t_{b}= 46 - 0,5 = 45,5 $
Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Q_{1}$,
$f_{k}= 3+5=8$
Frekuensi kelas $Q_{1}$, $f_{Q_{1}}=13$
Panjang kelas $c=50,5-46,5=5$

$ \begin{align}
Q_{1} & = t_{b} + \left( \frac{\frac{1}{4}n - f_{k}}{f_{Q_{1}}} \right)c \\
& = 45,5 + \left( \frac{\frac{1}{4} \cdot 40 - 8}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \left( \frac{10 - 8}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \left( \frac{2}{13} \right) 5 \\
& = 45,5 + \frac{10}{13} \\
& = 45,5+0,77 \\
& = 46,27
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 46,27\ kg$

8. Soal UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPA 2020 (*Soal Lengkap)

Tabel berikut menyatakan hasil evaluasi guru terhadap kemampuan pelajaran fisika dari $70$ orang siswa.
Nilai Frekuensi
$34-38$ $5$
$49-43$ $9$
$44-48$ $14$
$49-53$ $20$
$54-58$ $16$
$59-63$ $6$
Modus dari data pada tabel tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ 49,5 \\
(B)\ 50,5 \\
(C)\ 51,5 \\
(D)\ 52,5 \\
(E)\ 53,5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Modus ialah nilai yang paling sering muncul atau frekuensi yang paling besar.
Untuk data tunggal modus suatu data gampang ditemukan, tetapi untuk data berkelompok modus data sedikit lebih rumit.
Modus data berkelompok dirumuskan ibarat berikut ini;
$Mo = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c$
dimana;
$Tb_{mo}:$Tepi bawah kelas modus, dan Kelas modus ialah kelas dengan frekuensi paling besar.
Dari tabel terlihat bahwa kelas yang mempunyai frekuensi tertinggi ialah kelas $49-53$ dengan frekuensi $20$, maka kelas modusnya ialah kelas ke-4 dengan interval $49-53$; $(Tb_{mo} = 49 - 0,5 = 48,5)$;
$d_1:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sebelum kelas modus; $(d_{1}=20-14=6)$;
$d_2:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas setelah kelas modus; $(d_{2}=20-16=4)$;
$c:$ Panjang Kelas $(c=53,5-48,5=5)$;

$ \begin{align}
Mo & = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c \\
& = 48,5 + \left( \frac{6}{4 + 6} \right) \cdot 5 \\
& = 48,5 + \left( \frac{4}{10} \right) \cdot 5 \\
& = 48,5 + \frac{20}{10} \\
& = 48,5 + 2 \\
& = 50,5
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(B)\ 50,5$

9. Soal UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPS 2020 (*Soal Lengkap)

Tabel berikut menyajikan data nilai ulangan Bahasa Indonesia siswa kelas XII.
Nilai Frekuensi
$40-44$ $2$
$45-49$ $8$
$50-54$ $15$
$55-59$ $10$
$60-64$ $5$
$65-69$ $10$
Rata-rata nilai ulangan Bahasa Indonesia siswa kelas tersebut adalah...

$\begin{align}
(A)\ & 53,2 \\
(B)\ & 55,8 \\
(C)\ & 56,3 \\
(D)\ & 56,8 \\
(E)\ & 58,2
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Statistika data berkelompok sanggup kita hitung dengan rumus:
$\begin{align}
\overline{x} = & \dfrac{\sum \limits_{i}^{n} x_{i} \cdot f_{i} }{\sum \limits_{i}^{n}f_{i} } \\
= & \dfrac{ x_{1} \cdot f_{1}+x_{2} \cdot f_{2}+ \cdots +x_{n} \cdot f_{n} }{f_{1}+f_{2}+\cdots+f_{n} }
\end{align}$
Dimana

  • $x_{i}$ ialah titik tengah kelas ke-$i$,
    $x_{i}=\dfrac{1}{2}\left( BA+BA \right)$
  • $f_{i}$ frekuensi kelas ke-$i$
Nilai Frekuensi $x_{i}$ $x_{i} \cdot f_{i}$
$40-44$ $2$ $42$ $84$
$45-49$ $8$ $47$ $376$
$50-54$ $15$ $52$ $780$
$55-59$ $10$ $57$ $570$
$60-64$ $5$ $62$ $310$
$65-69$ $10$ $67$ $670$
Jumlah $50$ $---$ $2790$
$\begin{align}
\overline{x} & = \dfrac{\sum \limits_{i}^{n} x_{i} \cdot f_{i} }{\sum \limits_{i}^{n}f_{i} } \\
& = \dfrac{2790}{50} \\
& = 55,8
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 55,8$


10. Soal UNBK Matematika Sekolah Menengan Atas IPS 2020 (*Soal Lengkap)

Histogram berikut menyatakan data nilai tes penerima didik kelas XI.
Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok  ✔ Bank Soal dan Pembahasan Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok
Median dari data tersebut adalah...

$\begin{align}
(A)\ & 70,5 \\
(B)\ & 71,2 \\
(C)\ & 71,5 \\
(D)\ & 75,5 \\
(E)\ & 79,5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Median ialah suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi dua bab yang sama besar setelah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Median $(Me)$ sama nilainya dengan kuartil kedua $(Q_{2})$, jadi proses kerjanya ialah sama.

Data pada histogram menunjukkan bahwa banyak kelas ialah $5$. Tetapi kalau membaca data belum bisa sanggup merubah data histogram mejadi dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, yaitu:

Nilai Frekuensi
$40-49$ $5$
$50-59$ $4$
$60-69$ $5$
$70-79$ $10$
$80-89$ $6$
Jumlah $30$
  • Untuk memilih letak $Me$ ada pada data ke- $\left[\frac{1}{2}(n+1) \right]$
    $Me$ terletak pada data ke- $\left[\frac{1}{2}(30+1) \right]=15,5$
  • $Me$ pada data ke-$15,5$ artinya $Me$ berada pada kelas interval $70-79$
  • Tepi bawah kelas $Me$ yaitu $t_{b}= 70 - 0,5 = 69,5 $
  • Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Me$, yaitu $f_{k}= 5+4+5=14$
  • Frekuensi kelas $Me$, $f_{Me}=10$
  • Panjang kelas $c=49,5-39,5=10$
$ \begin{align}
Me & = t_{b} + \left( \dfrac{\frac{1}{2}n - f_{k}}{f_{Me}} \right)c \\
& = 69,5 + \left( \dfrac{\frac{1}{2} \cdot 30 - 14}{10} \right) \cdot 10 \\
& = 69,5 + \left( \dfrac{15 - 14}{10} \right) \cdot 10 \\
& = 69,5 + \left( \dfrac{1}{10} \right) \cdot 10 \\
& = 69,5 + \dfrac{10}{10} \\
& = 70,5
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(A)\ 70,5$


Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan" ___pythagoras
Beberapa pembahasan soal Matematika Dasar ini merupakan bab dari catatan calon guru wacana Statistika Data Berkelompok (*Soal Dari Berbagai Sumber) di atas ialah coretan kreatif siswa pada
  • lembar tanggapan evaluasi harian matematika,
  • lembar tanggapan evaluasi selesai semester matematika,
  • presentasi hasil diskusi matematika atau
  • pembahasan quiz matematika di kelas.
Jadi saran, kritik atau masukan yang sifatnya membangun terkait problem alternatif penyelesaian soal Statistika Data Berkelompok sangat diharapkan😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Matematika;
Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok  ✔ Bank Soal dan Pembahasan Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "✔ Bank Soal Dan Pembahasan Matematika Dasar Statistika Data Berkelompok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel